DetikNews
Rabu 28 Maret 2018, 10:07 WIB

Curhat Penumpang KRL Berharap Tangga di Stasiun Duri Ditambah

Faiq Hidayat - detikNews
Curhat Penumpang KRL Berharap Tangga di Stasiun Duri Ditambah Kondisi padatnya penumpang di Stasiun Duri Foto: Faiq Hidayat/detikcom
Jakarta - Penumpang KRL sangat bingung dengan kebijakan baru Stasiun Duri lantaran perubahan jalur peron kererta tujuan Tangerang-Duri. Kereta KRL dari Stasiun Tangerang yang menuju Duri harus turun di jalur peron 5 dengan pintu yang dibuka sebelah kiri.

Awalnya, kereta KRL Tangerang tujuan Stasiun Duri berada di jalur peron 4 dengan pintu yang dibuka sebelah kanan. Sedangkan jalur peron 5 dipergunakan untuk kereta Bandara Soekarno Hatta.


"Bikin bingung ini Stasiun Duri berubah," ujar penumpang KRL, Suci, warga Tangerang di Stasiun Duri, Jakarta Barat, Rabu (28/3/2018).

Akan tetapi, kereta ini juga berhenti di peron jalur 5 dengan rangkaian 10 gerbong. Penumpang harus turun dengan pintu sebelah kiri. Mereka juga harus menaiki satu tangga eskalator untuk pindah kereta lain di jalur peron 1 dan peron 2.

Penumpang berharap Stasiun Duri menambah tangga eskalator atau manual untuk memudahkan pindah kereta lain. "Seharusnya tangga tidak hanya satu saja, ditambah tangga lagi biar penumpang nggak ketinggalan kereta. Kalau begini kan padat takut ada copet," ucap Suci.

Di kesempatan lain, Rahmat juga berharap Stasiun Duri memberikan solusi untuk penumpang yang ingin pindah peron lain. Penumpang diharapkan tidak harus menunggu lama untuk menaiki tangga eksalator.


Warga Kalideres ini juga mengaku bingung dengan turun kereta yang berada di jalur peron 5 atau jalur peron 4.

"Kayak Stasiun Tanah Abang banyak tangga atau Manggarai ada underpass jadi penumpang enak," ucap Rahmat.

Pantauan detikcom di lokasi, penumpang harus menunggu sekitar 20 menit untuk menaiki tangga eskalator. Antrean panjang penumpang untuk menaiki tangga ini sekitar 100 meter.

Penumpang juga harus berdesak-desakan untuk menaiki tangga ini. Peristiwa dorong-dorongan juga tak terhindarkan lantaran harus mengejar kereta tujuan lain.

Petugas Stasiun Duri bersama TNI AL mengatur penumpang yang ingin menaiki tangga ini. Petugas mengarahkan penumpang untuk mengambil penyebrangan rel. Namun jika ada kereta Bandara Soekarno Hatta di jalur peron 3 petugas mengarahkan penumpang untuk melewati tangga eskalator atau lift.
(fai/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed