Heboh Video Anggota DPRD DKI Ngamuk Mobilnya Diderek Dishub

Niken Purnamasari, Indra Komara - detikNews
Jumat, 23 Mar 2018 14:12 WIB
Foto: Screenshot Video Facebook
Jakarta - Anggota DPRD DKI Jakarta, Fajar Sidik, mengamuk saat mobilnya hendak diderek petugas Dishub. Fajar berulang kali menyebut dirinya sebagai anggota Dewan dan mempertanyakan aturan soal penderekan tersebut.

Kejadian itu terekam dalam video yang beredar di media sosial. Dari video berdurasi sekitar 7 menit itu, Fajar berdebat dengan petugas Dishub yang hendak menderek mobilnya. Lokasi kejadian yang terlihat di video berada di Jalan Budi Rahayu, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

[Gambas:Video 20detik]





Mobil yang dikendarainya berada di bahu jalan dan telah melanggar aturan. Tak terima saat akan diderek, Fajar, yang merupakan anggota Dewan dari Fraksi Partai Gerindra, mempertanyakan aturan yang jadi landasan Dishub.

"Ingat ya! Saya anggota DPRD DKI. Dengar ya, rekam ya! Ini nggak ada larangan (parkir). Ini nggak ada larangan dari ujung ke ujung. Saya lahir di sini nggak ada larangan (parkir). Tidak ada larangan. Kalau ada, saya nggak akan parkir di sini," kata Fajar dengan emosional.



"Saya wakil rakyat lho. Situ jangan asal naikin saja. Saya anggota DPRD, ini yang diparkir mobil saya anggota Dewan. Silakan ayo Pak Gubernur siapa pun, Pak Andi Yansah (Kadishub DKI)," lanjutnya.



Dalam perdebatan, Fajar meminta petugas Dishub menaruh rambu dilarang parkir di sepanjang jalan tersebut. Bahkan ia menantang petugas menganggarkan pengadaan rambu kepada dirinya.

"Kalau memang nggak boleh (parkir), tolong larangannya ditaruh. Saya nggak akan parkir di sini. Ajukan ke saya (pengadaan rambu). Saya DPRD, kita pasang semua. Kita anggarkan di DPRD," ujarnya.

Situasi pun kian panas. Fajar dan petugas Dishub memberikan argumen masing-masing hingga akhirnya berusaha didamaikan oleh polisi.

"Kita punya anggaran banyak, tolong pasang (rambu). Bisa Pak. Saya kunjungan kerja ke daerah-daerah. Kalau Bapak (petugas dishub) pasang, Bapak derek saya, saya terima. Ini kan nggak ada," kata Fajar kepada petugas Dishub.

Saat dimintai konfirmasi ke Fajar, dirinya membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia mengeluhkan tidak adanya rambu dilarang parkir di sekitar jalan itu.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan sudah mendapat laporan dari Fajar. Sandiaga menyebut peraturan harus ditegakkan.

"Pak Fajar-nya sudah melaporkan ke saya malah marah-marah karena dia nggak tahu. Dia lapor ke saya sebagai Wagub atau sebagai Ketua Dewan Pembina Gerindra, saya nggak tahu. Saya bilang, 'Sabar Bro,' gitu. Mobilnya diderek soalnya. Tapi kalau teman-teman Dishub sudah lakukan yang benar, saya dukung," kata Sandiaga kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/2018).



Begitu pun pihak Dishub DKI, yang mengatakan akan mengecek kejadiannya terlebih dahulu.

"Saya cek dulu," ujar Wakadishub DKI Sigit Wijatmoko dalam pesan kepada detikcom. (nkn/fjp)