DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 07:19 WIB

LIPI: Ular King Cobra Hewan yang Paling Cerdas di Dunia

Niken Purnamasari - detikNews
LIPI: Ular King Cobra Hewan yang Paling Cerdas di Dunia Ular king cobra yang viral (Dok. Facebook Made Dwi Sudarmawan)
Jakarta - King cobra tak hanya dijuluki sebagai ular berbisa terpanjang di dunia. Ular jenis ini juga disebut sebagai yang paling cerdas di dunia.

"Perlu diingat bahwa king cobra hewan yang paling cerdas di dunia. Dia bisa mengontrol kapan ketika mengigit, kapan dia mengeluarkan bisanya dan kapan tidak," ujar Kepala Laboratorium Herpetologi Puslit Biologi LIPI, Amir Hamidy kepada detikcom, Kamis (22/3/2018).

[Gambas:Video 20detik]





Amir mengatakan, king cobra dapat mengendalikan untuk mengeluarkan bisa. Dia bisa saja hanya menggigit mangsa tanpa mengeluarkan bisa.

"Ada istilah dry bite. Orangnya kegigit biasa tapi venomnya belum terpompa masuk ke dalam. Itu yang membuat orang takabur, merasa sakti. Digigit tidak apa-apa. Ular bisa mengatur itu," jelas Amir.



Selain itu, kecepatan untuk melumpuhkan mangsa menjadi hal penting bagi king cobra. Bisa yang dikeluarkan mampu membuat mangsa tewas dalam waktu 15 menit hingga 2 jam.

"Ular ketika menelan mangsa itu mangsa yang paling lemah. Begitu mangsa masuk, dia harus mengatur kapan harus bernapas dan kontraksi otot unutk menelan. Sehingga memang butuh kecepatan," kata Amir.
(nkn/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed