DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 21:44 WIB

Maju Mundur Penutupan Alexis

Herianto Batubara - detikNews
Maju Mundur Penutupan Alexis Hotel Alexis (Foto: dok. detik)
FOKUS BERITA: Anies Tutup Alexis
Jakarta - Rencana penutupan Hotel Alexis kembali mencuat. Namun rencana ini terhenti di tengah jalan dengan alasan tidak adanya koordinasi. Polemik malah terjadi di jajaran Pemprov DKI Jakarta.

Rencana penutupan Alexis ini mencuat setelah beredarnya surat edaran berkop Satpol PP DKI Jakarta perihal permintaan bantuan personel kepada TNI-Polri. Dalam surat itu disebut permintaan itu terkait pelaksanaan tindakan penutupan kegiatan usaha Alexis.

Penutupan kegiatan usaha Hotel Alexis itu rencananya dilakukan pada Kamis (22/3). Dasar penindakan itu disebut penegakan Peraturan Daerah No 6 Tahun 2015 tentang Kepariwisataan dan Peraturan Gubernur No 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata.



Jika sesuai dengan rencana, total 325 personel gabungan Satpol PP DKI Jakarta dan TNI-Polri akan beraksi menutup hotel yang berlokasi di Jalan RE Martadinata No 1, Ancol, Jakarta Utara, ini.

Wartawan pun mencoba mengkonfirmasi hal ini. Kepala Bidang Industri dan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Toni Bako membenarkan. Menurutnya, dasar penindakan ini terkait prostitusi.



"Pelanggarannya Pasal 55 Pergub 18 Tahun 2018, pasal prostitusi. Kita mengusulkan (penutupan), yang eksekusi Satpol PP," ucapnya. Penutupan ini, menurutnya, didasari laporan media.

Toni sendiri mengaku mendukung penutupan seluruh unit usaha Hotel Alexis. "Tutup, dong, habis. Permanen. Riwayatmu habis, tamat riwayatmu. Kita kan nggak mau generasi muda kita dirusak," ujarnya.



Saat ditanya lebih jauh soal pelaksanaan eksekusinya, Toni tidak mau bicara banyak. Dia malah menyebut hal tersebut sebaiknya dimintakan konfirmasi ke Satpol PP DKI Jakarta.

"Aduh, saya nggak bisa mendahului, ya. Tunggu action-nya saja deh. Tanya Satpol, dong," ujar Toni.

Saat dimintai konfirmasi, Wakil Kepala Satpol PP DKI Jakarta Hidayatullah membenarkan penutupan Alexis dilakukan hari ini. Namun menurutnya upaya penutupan ini gagal di tengah jalan.

"Katanya, informasinya pukul 16.00 WIB tadi, pukul 11.00 WIB gagal," ujar Hidayatullah saat dihubungi. Dia enggan menjelaskan kenapa aksi ini gagal. Namun, ujarnya, aparat Satpol PP sudah bersiaga di sekitar lokasi.



detikcom kemudian mencari informasi kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Dia membenarkan adanya rencana eksekusi ini. Namun dia menyatakan eksekusi ditunda karena belum ada koordinasi.

Dimintai konfirmasi mengenai hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyesalkan bocornya informasi rencana penindakan ini sebelum eksekusi. Dia menegaskan akan melakukan penertiban di internal jajaran terkait.

Maju Mundur Penutupan AlexisGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Fida/detikcom)


"Ini adalah contoh ketidakdisiplinan organisasi. Jadi sesuatu yang seharusnya disiapkan sampai tuntas ternyata difoto, dibocorkan, dan beredar," ucap Anies kepada wartawan.

"Mereka yang tidak disiplin akan saya disiplinkan, siapa pun yang tidak mengikuti instruksi Gubernur," sambungnya. Anies menegaskan yang dia permasalahkan bukan bocornya rencana eksekusi Hotel Alexis, melainkan kedisiplinan jajarannya.



Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga tidak setuju cara eksekusi Hotel Alexis dengan mengerahkan ratusan aparat.

"Anda tahu, 325 orang mau tutup itu buat apa, jadi seperti kita mau perang gitu, nggak perlu," tegas Anies.

Anies meyakinkan, rencana eksekusi penutupan seluruh unit usaha Hotel Alexis memang ada dan tetap akan dilakukan. Namun dia hanya akan memberi penjelasan setelah penindakan dilakukan.

"Kalau rencananya dari dulu saya sudah bilang ada. Kan saya bilang, mau kejutan? Nanti," ucapnya.
(hri/dnu)
FOKUS BERITA: Anies Tutup Alexis
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed