Deisti Harap Jaksa Beri Tuntutan Ringan ke Setya Novanto

Faiq Hidayat - detikNews
Kamis, 22 Mar 2018 17:20 WIB
Setya Novanto dan Deisti Astriani Tagor di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta beberapa waktu lalu (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Deisti Astriani Tagor berharap jaksa KPK memberikan tuntutan yang ringan pada suaminya, Setya Novanto. Selain itu, Deisti ingin agar pengajuan justice collaborator Novanto dikabulkan.

"Ya saya sih berharap dari kami keluarga berharap bahwa tuntutannya diberikan yang seringan-ringannya," ujar Deisti usai persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).


"Berdoa bahwa JC (justice collaborator)-nya diterima dan diberikan tuntutan yang seringan-ringannya," imbuh Deisti.

Di tempat yang sama, pengacara Novanto, Maqdir Ismail, meminta jaksa memberikan tuntutan yang seadil-adilnya. Menurut Maqdir, Novanto bukanlah aktor melainkan hanya fasilitator di proyek e-KTP.


"Sebab bagaimana pun juga penderitaan Novanto ini sudah luar biasa apalagi secara real dia kan sebagai fasilitator. Apakah fasilitator pantas dihukum tinggi itu, tidak adil," ucap Maqdir.

Dalam perkara ini, Novanto didakwa melakukan intervensi dalam proses penganggaran dan pengadaan barang/jasa proyek e-KTP. Novanto juga didakwa menerima USD 7,3 juta melalui keponakannya Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, dan orang kepercayaannya, Made Oka Masagung.

(fai/dhn)