Sambangi KPK, Gamawan Fauzi: Diperiksa untuk Novanto

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kamis, 22 Mar 2018 10:51 WIB
Mantan Mendagri Gamawan Fauzi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyambangi KPK. Gamawan mengaku dipanggil penyidik KPK untuk menjalani pemeriksaan.

"(Diperiksa untuk) Setnov (Setya Novanto)," kata Gamawan sembari masuk ke lobi ruang tunggu KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (22/3/2018).

Gamawan kemudian menuju ke meja resepsionis dan mengenakan identitas dengan tali merah--berkaitan dengan penyidikan. Dia kemudian menuju ke lantai 2 di mana ruang pemeriksaan berada. Namun saat dicek di jadwal pemeriksaan KPK, nama Gamawan tidak tercantum.


Gamawan memang beberapa kali sebelumnya telah diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus korupsi proyek e-KTP. Selain itu, Gamawan juga telah bersaksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Dalam beberapa kesempatan, Gamawan selalu membantah terlibat korupsi proyek e-KTP. Salah satu yang dibantah Gamawan yaitu tentang pemberian ruko dan tanah dari Paulus Tannos (salah satu vendor di proyek e-KTP) melalui adiknya, Azmin Aulia.


Meski dibantah Gamawan, jaksa KPK mengaku memiliki bukti bahwa pemberian itu disamarkan melalui pembelian. "Kita nanti punya buktinyalah. Pak Gamawan boleh bilang bahwa itu menurut adiknya, kita juga punya bukti bahwa berapa harga ruko ketika dibeli Paulus dan kemudian berapa dia jual. Pelan-pelan kami buktikan," ujar jaksa KPK Irene Putri seusai sidang pada Senin (29/1) lalu. (nif/dhn)