DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 16:05 WIB

Kode Permintaan Uang untuk Bupati Rita: 'Titip Salam'

Faiq Hidayat - detikNews
Kode Permintaan Uang untuk Bupati Rita: Titip Salam Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) nonaktif Rita Widyasari/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - 'Titip salam' disebut jadi kode Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) nonaktif Rita Widyasari untuk meminta uang. Permintaan ini tidak diutarakan langsung oleh Rita.

Adanya kode ini diungkapkan mantan Direktur II PT Citra Gading Asritama (PT CGA), Ika Iskandar saat bersaksi dalam sidang lanjutan Rita. Rita menurutnya pernah 'titip salam' untuk atasannya Ichsan Suaidi.

Ika Iskandar menjelaskan, PT CGA mengerjakan proyek Kembang Janggut Kelekat di Tenggarong. Ika Iskandar mengaku diminta atasannya, Ichsan, untuk menemui eks Komisaris PT Media Bangun Bersama (MBB) Khairudin, membahas proyek tersebut.



"Saya baca BAP bahwa Khairudin tidak pernah terima uang secara langsung kepada saya. Akan tetapi Khairudin pernah menyampaikan salam kepada saya, bahwa intinya minta uang pada saudara Ichsan kepentingan Rita. Pak Ichsan mana tolong sampaikan salam dari Khairudin dan saya menyampaikan salam ke Ichsan setelah pulang ke Surabaya. Pak Ichsan tahu bahwa itu kode permintaan uang. Bagaimana itu keterangan saksi?" tanya jaksa pada KPK Burhanuddin kepada Iskandar dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

"Bisa jadi, bisa nggak Pak," jawab Iskandar.

Iskandar menyebutkan Khairudin dan Ichsan saling mengenal. Karena itu Khairudin menitipkan salam untuk Ichsan.



"Ya saya kirim salam saja pak," ujar Iskandar.

Menurut Iskandar, salam itu juga lantaran Khairudin tidak pernah bertemu dengan Ichsan. Apalagi saat itu Ichsan sedang berada dalam tahanan di Lombok.

"Ya karena tidak pernah ketemu Pak Ichsan sudah masuk tahanan di Lombok," kata Iskandar.



"Saudara pahami salam ini kode saja?" tanya jaksa kepada Iskandar.

"Iya pak," jawab Iskandar.

Rita Widyasari didakwa menerima uang gratifikasi Rp 469.465.440.000 terkait perizinan proyek pada dinas Pemkab Kukar. Gratifikasi itu diterima melalui Komisaris PT Media Bangun Bersama (MBB) Khairudin, yang juga tim 11 pemenangan Bupati Rita.


(fai/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed