DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 19:49 WIB

Penipu Modus Kupon Berhadiah Pakai Sabu untuk Kelabui Korban

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Penipu Modus Kupon Berhadiah Pakai Sabu untuk Kelabui Korban Komplotan penipuan bermodus kupon undian berhadiah ditangkap polisi (Foto: Bil Wahid/detikcom)
Tangerang - Polisi menangkap 6 pelaku penipuan di Kota Tangerang berinisial I, K, B, U, R, dan F. Mereka juga memakai narkoba agar lancar berbicara dengan calon korbannya.

"Ada bong juga. Untuk yang bersangkutan ini memperlancar bicaranya, jadi menerima telepon dari korban supaya tenang seolah terangka dari costumer service," kata Wakapolres Metro Tangerang AKBP Harley Silalahi di Mapolrestro Tangerang, Selasa (20/3/2018).

Polisi juga telah melakukan tes urine terhadap keenam tersangka. Hasilnya, 4 orang dinyatakan positif menggunakan narkoba.

"Hasil tes urine dinyatan positif. Ada 4 orang," imbuh Harley.



Selain itu para tersangka juga membekali diri dengan senjata tajam. Mereka membawa barang tersebut saat menyebarkan kupon di pusat perbelanjaan.

"Senjata tajam ini digunakan untuk berjaga. Jadi sambil menebar di masing-masing di pusat perbelanjaan dan selanjutnya menggunakan (senjata tajam) ini," lanjutnya.

Sebelumnya, polisi menangkap tersangka berinisial I, K, B, U, R, dan F. Mereka menyebarkan kupon berhadiah mobil yang mengatasnamakan produk air mineral.



Pelaku juga mencatut nama Ketua KPK, Agus Rahardjo hingga Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagara. Dalam brosur yang mereka sebar, para pejabat itu diposisikan sebagai penanggung jawab.

Selain menangkap keenam tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa perangkat komputer untuk mencetak kupon, ribuan kupon berhadiah dan sejumlah buku tabungan. Mereka dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman maksilam 4 tahun.
(abw/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed