DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 13:40 WIB

Duit Jemaah Umrah Dipakai Bos First Travel Bayar Hotel di Inggris

Zunita Amalia Putri - detikNews
Duit Jemaah Umrah Dipakai Bos First Travel Bayar Hotel di Inggris Bos First Travel/kiri-kanan: Kiki Hasibuan, Anniesa Hasibuan, dan Andika Surachman. (Grandyos Zafna/detikcom)
Depok - Mantan staf bagian keuangan First Travel Atika Adinda Putri mengaku membayarkan biaya hotel bos First Travel, Andika Surachman, dan keluarga di Inggris. Pembayaran itu disebut menggunakan uang setoran calon jemaah umrah.

Keterangan ini disampaikan Atika saat ditanya hakim ketua Sobandi soal pengeluaran keuangan First Travel. Hakim bertanya soal ada-tidaknya pengeluaran yang tidak berkepentingan dengan calon jemaah.

"Yang saya ingat ada pernah. Saya bayarin hotel untuk Pak Andika dan keluarga di Inggris," tutur Atika dalam sidang lanjutan bos First Travel di Pengadilan Negeri Depok, Jl Boulevard Nomor 7 Cilodong, Depok, Senin (19/3/2018).

[Gambas:Video 20detik]



Saat Atika menyebut nama Andika, sejumlah pengunjung sidang langsung bersorak. "Huuu... makan duit jemaah," ujar salah satu pengunjung.

Atika juga mengakui adanya pembayaran para artis yang berangkat umrah dengan First Travel. Atika menyebut satu nama artis, Syahrini.

"Ada melalui keuangan pernah juga. Waktu di umrah waktu itu ada Syahrini, pembayarannya global disatukan jemaah," ucap Atika.




Bos First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan, didakwa menggunakan uang setoran calon jemaah umrah untuk membeli aset, termasuk wisata berkeliling Eropa. Total duit untuk wisata berkeliling Eropa itu mencapai Rp 8,6 miliar.

Dalam surat dakwaan disebut duit untuk berkeliling Eropa berasal dari setoran calon jemaah umrah yang lebih dulu ditransfer ke rekening Andika dan sejumlah rekening pribadi lainnya. Duit setoran sebelumnya ditampung di rekening penampungan First Travel dengan nomor rekening 157-000-323-99-45 di Bank Mandiri.

Sementara itu, nama Syahrini masuk surat dakwaan bos First Travel, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan. Jaksa menyebut bos First Travel menggandeng Syahrini untuk mempromosikan paket umrah dengan menjalankan ibadah umrah berfasilitas VIP plus.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed