DetikNews
Senin 05 Maret 2018, 14:01 WIB

Menlu: Kondisi BJ Habibie di Jerman Stabil, Saya Pantau Terus

Ray Jordan - detikNews
Menlu: Kondisi BJ Habibie di Jerman Stabil, Saya Pantau Terus Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi Foto: Bagus Prihantoro/detikcom
Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan dirinya terus memantau perkembangan kesehatan Presiden ke-3 RI BJ Habibie yang dirawat di Munchen, Jerman. Dia mengaku setiap hari berkomunikasi dengan pihak BJ Habibie.

"Jadi dari sejak beliau masuk rumah sakit, kami pantau. Cara kami pantau, pertama melalui perwakilan di Jerman. Dua, setiap hari saya komunikasi langsung dengan tim Pak Habibie yang di Munchen. Setiap hari paling tidak dua kali, pagi dan malam sebelum saya tidur," kata Retno saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Retno mengatakan, dirinya juga sudah berkomunikasi langsung via telepon dengan BJ Habibie. Dia mendapatkan cerita langsung dari Habibie perihal masuknya Presiden ke-3 RI itu ke rumah sakit di Munchen.


"Sabtu (3/3) saya alhamdulillah sudah berkomunikasi langsung dengan Pak Habibie dan kemudian beliau cerita kenapa beliau masuk rumah sakit dan sebagainya. Mungkin kecapekan. Tapi beliau dalam kondisi yang stabil bisa bicara dengan sangat baik sebagaimana Pak Habibie. Jadi kita doakan semoga beliau pulih kembali," katanya.

Retno juga mengatakan, secepatnya tim dokter kepresidenan dan anggota Paspampres tambahan berangkat ke Munchen memanta BJ Habibie. Dia juga menegaskan, pihak Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jerman terus memantau perkembangan kesehatan BJ Habibie.


"Dipantau erat KBRI dan KJRI plus dari saya setiap hari dua kali berkomunikasi dengan tim langsung," katanya.
(rjo/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed