detikNews
Senin 05 Maret 2018, 11:40 WIB

Jokowi Terus Pantau Kondisi Kesehatan BJ Habibie

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Terus Pantau Kondisi Kesehatan BJ Habibie BJ Habibie/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Presiden Joko Widodo terus memantau kondisi kesehatan BJ Habibie. Habibie saat ini dirawat di Munchen, Jerman setelah didiagnosis mengalami kebocoran pada klep jantung.

Juru Bicara Presiden, Johan Budi SP, mengatakan Jokowi memberi perhatian terhadap kesehatan Habibie. Jokowi memerintahkan pengiriman dokter kepresidenan dan anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tambahan untuk mendampingi dan memantau kondisi kesehatan Habibie. Perintah ini juga sesuai dengan permintaan dari BJ Habibie sendiri.



"Permintaan ini kemudian ditindaklanjuti oleh Bapak Presiden dengan mengirimkan dokter spesialis jantung dari dokter kepresidenan, dr Lukman kalau nggak salah dan juga Paspampres. Kemungkinan sekarang sudah berangkat ke Jerman," kata Johan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Selain mengirimkan dokter dan anggota Paspampres tambahan, kata Johan, Presiden Jokowi juga terus memonitor kondisi kesehatan BJ Habibie.

"Tentu selain mengirimkan itu, Pak Presiden juga memonitor progress atau perkembangan Pak BJ Habibie. Memang dari sisi UU ada kewajiban pemerintah terhadap mantan Presiden termasuk soal pengobatan itu. Tetapi memang Presiden Jokowi secara khusus menelepon Pak BJ Habibie menanyakan perkembangan pengobatan atau perkembangan kondisi Pak BJ Habibie," jelas Johan.

Dia juga menegaskan biaya pengobatan Habibie di Munchen akan ditanggung pemerintah. Hal ini diatur dalam Undang-Undang.



"Berdasarkan UU tentang biaya kesehatan presiden mantan presiden, wakil presiden dan mantan wapres memang ada kewajiban. Saya tidak tahu seberapa besar. Tapi yang pasti jangan dilihat itu-nya (biayanya), dilihat perhatian Pak Presiden kepada Pak BJ Habibie sehingga Pak Presiden memerlukan langsung menelepon Beliau begitu mendengar kabar Pak BJ Habibie dirawat di rumah sakit," kata Johan.



Johan mengaku belum mendapat informasi soal ada tidaknya rencana Jokowi menjenguk Habibie.

"Belum tahu kalau itu. Tapi yang pasti Pak Presiden pada Minggu (4/3) sudah menelepon langsung," katanya.


(jor/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com