DetikNews
Sabtu 03 Maret 2018, 11:41 WIB

Cerita Ian, Bule Inggris yang Hidup Luntang-lantung di Tangerang

Haris Fadhil - detikNews
Cerita Ian, Bule Inggris yang Hidup Luntang-lantung di Tangerang Foto: Haris Fadhil/detikcom
Jakarta - Seorang warga negara Inggris, Ian, hidup luntang-lantung di Tangerang, Banten. Ia mengaku sudah mengalaminya sejak empat bulan terakhir.

Cerita tentang Ian awalnya tersebar dalam sejumlah postingan di Facebook. Dari sejumlah foto dan video, terlihat kondisinya yang nelangsa. Ia tidak bisa berbahasa Indonesia dan terdengar aksen British yang begitu kental.



Ditemui detikcom di kawasan Metland Puri, Tangerang, Banten, Sabtu (3/3/2018), Ian sedang duduk-duduk di teras salah satu minimarket. Ia mengaku sejak delapan tahun lalu sudah sering ke Indonesia sebagai turis.





"Sudah lama, saya datang, pergi, datang, pergi. Delapan tahun lalu," ujar Ian dalam bahasa Inggris.

Dia mengaku sedikit paham bahasa Indonesia, namun tak bisa mengucapkannya. Hanya kata 'terima kasih' dan 'sama-sama' yang bisa diucapnya.

Awalnya, Ian menikah dengan wanita Indonesia beberapa waktu lalu. Namun, sejak empat bulan lalu ia mengaku diusir oleh istrinya tersebut.



"Ini cerita yang sedih. Dia usir saya, saya tidak punya uang sekitar empat bulan hidup dimana pun. Di sana, di sini, di pinggir sungai, saya bertahan hidup dimana saja," ujarnya.

"Saya tidak tahu dia di mana sekarang," imbuh Ian.

Selama empat bulan, dia makan apa saja yang diberi orang. Ian sempat menunjukkan paspornya, namun tidak mengizinkan paspor berwarna merah itu di foto.

Dia belum memberi tahu keluarganya di Inggris soal keadaannya dengan alasan tak ingin membuat khawatir. Saat ditanya kenapa tidak mendatangi Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Ian tak menjawab secara tegas.

"Untuk apa saya beri tahu? Untuk buat mereka khawatir? Tidak akan. Saya tidak mau ke sana (ke kedutaan Inggris)," ucap Ian.

Ian membawa seekor anjing berwarna hitam dan juga satu tas ransel yang kondisinya sudah banyak sobekan. Ia mengaku sehat meski hidup luntang lantung di Tangerang.

"Saya sehat saja, saya akan tunjukkan ke anda," ujar Ian sambil menunjukkan kebolehannya berdiri dengan tangan.

Usianya saat ini sudah 55 tahun. Menurutnya orang di sekitarnya baik karena kerap memberi makan hingga dia bertahan hidup.

"Haruskah saya beri tahu umur saya?" tanya Ian sambil tertawa.

"55 tahun, tapi saya sehat, orang di sini baik-baik," ucapnya.
(HSF/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed