Dokter Bimanesh akan Hadapi Sidang Dakwaan Kamis 8 Maret

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kamis, 01 Mar 2018 14:41 WIB
Dokter Bimanesh Sutarjo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dokter Bimanesh Sutarjo segera menjalani sidang perdana. Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan itu dijadwalkan pada Kamis pekan depan.


"(Jadwal sidang Bimanesh) Kamis, 8 Maret 2018," kata pejabat Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Ibnu Basuki, saat dihubungi, Kamis (1/3/2018).


Dia mengatakan majelis hakim yang akan menangani perkara ini antara lain Saifudin Zuhri, Duta Baskara, Sigit Binaji, dan Titi Sansiwi. Majelis hakim tersebut akan diketuai oleh Machfudin.



Susunan hakim ini sama dengan yang menangani perkara Fredrich Yunadi, yang lebih dulu menjadi terdakwa. Hanya, hakim ketua yang menyidangkan Fredrich adalah Saifudin Zuhri.


Berkas Bimanesh telah dilimpahkan ke pengadilan pada Senin (26/2) lalu. Peran Bimanesh akan segera terungkap dalam dugaan hilangnya Novanto, melengkapi dakwaan Fredrich yang dibacakan pada 8 Februari.

Bimanesh diduga merekayasa rekam medis Novanto, saat mantan Ketua DPR itu mengalami kecelakaan pada 16 November 2017. Novanto sendiri saat itu berstatus tersangka dalam dugaan korupsi proyek e-KTP dan sedang dalam pengejaran penyidik.

Sementara itu, Fredrich didakwa mengkondisikan rawat inap Novanto bersama Bimanesh (dalam berkas dakwaan terpisah). Dia juga didakwa menyewa sebagian ruang VIP di RS Medika Permata Hijau untuk Novanto. Akibatnya, Fredrich didakwa melakukan perbuatan merintangi proses penyidikan Novanto. (nif/dhn)