Melihat PKL yang Sudah Ditata Rapi di Jalan Melawai XIII

Dyah Paramita Saraswati - detikNews
Selasa, 27 Feb 2018 19:31 WIB
Pujasera Melawai (Dyah Paramita Saraswati/detikcom)
Jakarta - Puluhan pedagang kaki lima menempati trotoar di wilayah Jalan Aditiawarman I hingga Jalan Sunan Ampel, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lurah Melawai Kurnia Rita mengatakan PKL di lokasi tersebut dalam perencanaan penataan.

Rita menyebut ada tiga lokasi yang dia usulkan untuk ditata PKL-nya oleh Suku Dinas Koperasi dan UKM Kota Jakarta Selatan, yakni di wilayah Jalan Sunan Ampel, Jalan Wijaya IX, dan Falatehan. Penataan itu disepakati dengan persyaratan, jika nantinya ada protes dari masyarakat, para PKL akan ditertibkan.

Pujasera MelawaiPujasera Melawai (Dyah Paramita Saraswati/detikcom)

Rita menyebut penertiban PKL yang ditempatkan di trotoar di kawasan Jalan Sunan Ampel masih dalam tahap evaluasi. Dia menginginkan kawasan itu nantinya ditata seperti penataan PKL di Jalan Melawai XIII.


"PKL yang sudah legal atau binaan UKM ada di Jalan Melawai 13, Pasar Kaget, itu sudah diresmikan. Kalau titik-titik ini yang sedang kita usulkan, yang tiga itu. Ini sedang proses," jelasnya saat ditemui detikcom di kantornya, Selasa (27/2/2018).

detikcom kemudian memantau keberadaan PKL di Jalan Melawai XIII, yang disebut Rita sudah resmi ditata. Para PKL di lokasi ini telah menempati sejumlah lapak di sepanjang jalanan tersebut.

Pujasera MelawaiPujasera Melawai (Dyah Paramita Saraswati/detikcom)

Lapak-lapak tersebut ditata secara permanen dan disatukan dalam sebuah kawasan bernama Pujasera Melawai. Lokasinya di seberang Blok M Square dan berada di sebelah GKI Kebayoran Baru.


Ada sejumlah pedagang yang menjajakan dagangan berupa makanan dan minuman di kawasan ini. Sebelum dirapikan, kawasan Jalan Melawai XIII ini juga semrawut dipenuhi PKL.

"Pujasera ini sudah ada dari 1,5 tahun lalu, dari 2016. Ini yang resminya, tadinya kan bongkar-pasang dari tahun 1980-an," ujar seorang pedagang jus bernama Jumaidi (38) ditemui di Pujasera Melawai, Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2018).

Pujasera MelawaiPujasera Melawai (Dyah Paramita Saraswati/detikcom)

Jumaidi mengaku sudah 10 tahun berdagang Jalan Melawai XIII. Ia melanjutkan usaha orang tuanya. Ia mengaku merasa diuntungkan oleh adanya penataan PKL di dalam Pujasera Melawai.


"Pertama ya ini resmi dari pemerintah, kedua menghemat tenaga. Jadi nggak perlu bongkar-pasang (lapak/tenda)," jelasnya.

Selain itu, ia menyebutkan, jam berjualan jadi lebih panjang. Sejak masuk di Pujasera Melawai, para pedagang bisa mulai berjualan sejak pukul 10.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Kehadiran Pujasera Melawai pun tidak mengganggu lalu lintas. Kendaraan bermotor bisa melintas lancar satu arah dari Jalan Panglima Polim ke arah Melawai. Sebuah area parkir juga disediakan di depan kawasan pujasera ini.

(hri/tor)