DetikNews
Kamis 15 Februari 2018, 19:06 WIB

Dinsos Siap Rawat Bocah Lemas yang Diajak Bapaknya Ngamen

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Dinsos Siap Rawat Bocah Lemas yang Diajak Bapaknya Ngamen Jumpa pers kasus bapak bawa anak untuk mengamen di Jakpus Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Banyak netizen yang prihatin akan nasib MU, bocah usia 11 bulan yang dibawa bapaknya Zalfur (61) mengamen agar orang-orang iba. Dinas Sosial DKI Jakarta menyatakan siap merawat MU.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Chaidir, menjelaskan pihaknya nantinya akan membicarakan hal ini ke orang tua MU, yakni Zalfur dan Rochma Hariyati alis Bela (35). Jika keduanya setuju, mereka akan membawa MU untuk dirawat.

"Ketika kami dari pihak Dinas Sosial atau dari Kementerian Sosial ingin melakukan rehabilitasi, ini harus ada pernyataan dari kedua orang tua ini," kata Chaidir dalam jumpa pers di Mapolres Metro Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

"Karena bayi ini akan diserahkan kepada kami, istilahnya orang tua ini harus berikan pernyataan karena posisinya sebagai penyandang sosial dan akan dilakukan rehabilitasi sosial sebagai anak negara," sambungnya.


Zalfur dan Bela tinggal menggelandang di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pasangan ini mempunyai 4 orang anak, salah satunya MU. Zalfur menghidupi keluarganya dengan mengamen menggunakan suling. Dia membawa MU agar orang-orang iba yang pada akhirnya hasilnya dia mendapat uang lebih banyak.

Dinsos Siap Rawat Bocah Lemas yang Diajak Bapaknya NgamenFoto: Viral bocah dijadikan pengemis (Instagram/@nanaaelena)

Menurut Chaidir, setelah polisi selesai melakukan pemeriksaan, jika dipastikan tidak ada unsur pidana di kasus ini, pihaknya sementara akan membawa Zalfur dan keluarganya ke panti.

"Untuk anak-anak akan kami tempatkan di panti anak untuk direhabilitasi. Sementara orangtuanya karena penyandang sosial kami akan masukan ke Panti Tunas Karya untuk diberikan pembekalan terhadap keterampilan dan pembinaan lebih lanjut," ujarnya.


Setelah itu, nantinya pihak Dinsos akan menelusuri asal usul Zalfur dan keluarganya. "Setelah kami lakukan pembinaan kami akan hubungi daerah asalnya kami akan kembalikan ke daerah asalnya," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu menegaskan MU adalah anak kandung Zalfur dan Bela. Mereka sejauh ini menyatakan belum ada unsur pidana di kasus ini.

MU masih mendapat perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), ini juga untuk menyelidiki apakah benar dugaan MU lemas karena diberi obat penenang atau obat tidur, atau lemas karena sakit.



"Sementara ini belum ditemukan unsur pidananya," ucapnya. Dia menyatakan Zalfur dan istrinya mengaku berasal dari wilayah Sumatera. Namun pengakuan itu masih akan ditindaklanjuti.
(hri/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed