DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 10:14 WIB

UU MD3 Belum Diundangkan, Tak Ada Pelantikan Pimpinan DPR Hari Ini

Haris Fadhil - detikNews
UU MD3 Belum Diundangkan, Tak Ada Pelantikan Pimpinan DPR Hari Ini Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (Foto: dok. DPR)
FOKUS BERITA: Polemik UU MD3
Jakarta - Pelantikan tambahan wakil ketua DPR sesuai UU MD3 baru yang disahkan kemungkinan ditunda. Penundaan kemungkinan terjadi karena UU MD3 belum diundangkan.

"Kemarin kan baru diputuskan setelah itu dikirim ke presiden untuk ditandatangani. Setelah ditandatangani kemudian disampaikan kepada DPR kemudian DPR meminta mengajukan wakil ketua DPR yang tentunya sebelumnya dimintakan dari fraksi yang mengusulkannya. Saat ini, setahu saya undang-undangnya itu belum diterima kesekjenan kembali setelah ditandatangani. Sehingga untuk pelantikan wakil ketua DPR tentunya itu akan menunggu sampai diundangkan," kata wakil ketua DPR Agus Hermanto, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (14/2/2018).


DPR sendiri rencananya akan menggelar rapat parpurna hari ini. Agus menyebut akan ada pelantikan, namun hanya pengganti antar waktu (PAW) terhadap anggota DPR yang mengundurkan diri karena ikut pilkada 2018.

"Ada pelantikan hari ini. Pelantikan anggota PAW dari fraksi Demokrat, sahabat-sahabat saya yang maju dalam pilkada kan mundur," ujarnya.


Sebelumnya, dalam pasal 84 UU MD3, disepakati jumlah pimpinan DPR menjadi 6. Strukturnya terdiri dari 1 ketua DPR dan 5 wakil.

Berikut bunyi pasal 84 ayat 1 'Pimpinan DPR terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan 5 (lima) orang wakil ketua yang dipilih dari dan oleh anggota DPR'.
(haf/dkp)
FOKUS BERITA: Polemik UU MD3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed