DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 16:52 WIB

Pemprov DKI dan Komunitas Kaji Wacana Penambahan Jalur Sepeda

Mochamad Zhacky - detikNews
Pemprov DKI dan Komunitas Kaji Wacana Penambahan Jalur Sepeda Foto: Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin usulan mengenai lokasi-lokasi di Ibu Kota yang akan dibuatkan jalur sepeda datang dari masyarakat. Sandi menambahkan, Komunitas Sepeda Indonesia sedang mengkaji usulan tersebut.

"Teman-teman dari komunitas sepeda, salah satunya adalah Komite Sepeda Indonesia sudah ajukan rencana untuk memulai kembali jalur sepeda. Saya sangat mendukung dan sekarang lagi digodok. Karena ini harus bottom-up, harus dari komunitasnya," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).




Sandiaga meminta agar para pengendara untuk saling menghormati. Khusus pengendara roda empat, sambung dia, harus memberikan rasa hormat kepada pengemudi kendaraan yang lebih kecil.

"Karena harus ada jenjangnya, pejalan kaki harus dimuliakan. Berikutnya adalah kendaraan yang sangat ramah lingkungan dan mengedepankan gaya hidup sehat, sepeda. Setelah itu baru yang sedikit lebih besar, sepeda motor, mobil dan seterusnya, dan seterusnya," papar Sandiaga.

Apabila jenjang tersebut sudah berjalan, Sandi, meyakini keselamatan lalu lintas akan terbentuk. "Dengan budaya dan etika seperti itu kita semua menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tutup Sandiaga.

Wacana penambahan jalur sepeda di Jakarta muncul setelah adanya peristiwa tabrak lari terhadap salah satu pesepeda. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (10/2) pagi.
(zak/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed