DetikNews
Senin 12 Februari 2018, 15:01 WIB

Densus Dikirim ke DIY untuk Dalami Profil Penyerang Gereja Lidwina

Mei Amelia R - detikNews
Densus Dikirim ke DIY untuk Dalami Profil Penyerang Gereja Lidwina Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menurunkan tim Densus 88 Polri dan intelijen untuk mendalami kasus penyerangan di Gereja Lidwin, Sleman. Tim akan mendalami profil Suliyono (23), pelaku penyerangan gereja tersebut.

"Saya telah menurunkan tim Densus dan jajaran intelijen bekerja sama dengan Polda DIY untuk mendalami profil Suliyono ini," ujar Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Dari beberapa informasi yang diperoleh kepolisian, Suliyono diduga sebagai sosok radikal. Dia juga pernah mau membuat paspor untuk berangkat ke Suriah, namun tidak berhasil.

"Akhirnya melakukan amaliyah (beraksi) untuk menyerang orang 'kafir' versi dia. Yang bersangkutan sangat mendekati bahwa yang bersangkutan adalah sosok yang radikal," sambungnya.

Polri masih mendalami apakah Suliyono beraksi sendiri atau terorganisir dengan kelompok. "Persoalannya apakah dia kerja sendiri, lonewolf atau bagian jaringan ini sedang dikembangkan dan dikejar terus oleh tim Mabes Polri dan Polda," papar Tito.

"Saya juga telah meminta bantuan beberapa intansi lain," sambungnya.

Terkait dengan peristiwa penyerangan terhadap beberapa tokoh agama dan masyarakat yang terjadi di beberapa daerah dalam satu bulan terakhir ini, Tito meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi terkait motif aksi tersebut.


(mei/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed