DetikNews
Jumat 02 Februari 2018, 00:17 WIB

Tangisan Sambut Jenazah TKW Sukabumi Korban Pembunuhan di Abu Dhabi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Tangisan Sambut Jenazah TKW Sukabumi Korban Pembunuhan di Abu Dhabi Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Sukabumi - Jenazah Iros Rosidah (32) Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kampung Cibarongbok RT 2 RW 5, Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi akhirnya tiba di rumah duka, Kamis (1/2/2018). Isak tangis keluarga dan kerabat dekat pecah saat peti jenazah Iros diturunkan dari ambulans.

Terlihat dalam rombongan pengantar jenazah, petugas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), BNP2TKI, serta Perwakilan Kementrian Luar Negeri (Kemenlu).

Jenazah Iros disambut oleh Hendi suami korban dan kedua orang tuanya yakni Abah Ota (61) dan Ikah (55). Mereka tidak henti menciumi peti jenazah tempat almarhum dibaringkan.

"Almarhumah berangkat secara non prosedural, berangkat pada 2016 karena kan sejak tahun 2015 kita sudah mengeluarkan Kep Menaker No 260 tentang penghentian sementara pengiriman TKI. Meskipun begitu pemerintah tetap memperjuangkan hak-haknya, membantu kepulangannya dan alhamdulillah sudah sampai di sini," kata Tim Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Chairil di rumah duka.

Chairil menjelaskan, informasi awal terkait peristiwa yang menimpa Iros dia peroleh dari kakaknya (Lilis) yang menurutnya juga bekerja secara ilegal di negara tersebut.

"Informasi yang kami ketahui sampai saat ini adalah almarhumah korban pembunuhan, namun demikian saya itu bukan penegak hukum di Uni Emirat Arab sana dan bapak sekalian juga bukan penegak hukum, jadi kita tunggu saja prosedur hukum yang berlaku di sana seperti apa. Temuan investigasi dan penyidikan seperti apa, kita serahkan kepada penegak hukum setempat," katanya.

Lebih rinci, Chairil juga membeberkan jika peristiwa pembunuhan tersebut melibatkan 5 orang. Satu laki-laki berkewarganegaraan Bangladesh, dua perempuan warga negara Thailand, dan dua warga Sukabumi (Alm Iros dan Alm Nurul).

"Satu almarhumah Iros dan satu lagi Nurul masih menunggu hasil dari DVI Polri di sini, kepulangan jenazah masih menunggu pemeriksaan. Karena secara fisik almarhumah adalah dia yang bersangkutan," ucap Chairil menjelaskan status kepulangan jenazah Nurul.

(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed