DetikNews
Selasa 09 Januari 2018, 08:13 WIB

Akankah Ahok dan Vero Berdamai?

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Akankah Ahok dan Vero Berdamai? Foto: Dok. Instagram, Detikcom
FOKUS BERITA: Sah! Ahok-Vero Cerai
Jakarta - Prahara menerpa bahtera rumah tangga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan istrinya Veronica Tan. Ahok resmi menggugat cerai Vero. Namun, pintu mediasi masih terbuka lebar.


Ahok dan Veronica Tan menikah pada 6 September 1997. Keduanya dikaruniai tiga anak, yaitu Nicholas Sean Purnama, Nathania Purnama, dan Daud Albeener Purnama.

Di pernikahan yang memasuki usia 20 tahun ini, Ahok mengajukan surat gugatan cerai kepada Vero di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, pada Jumat 5 Januari 2018 pukul 14.30 WIB. Materi gugatan tersebut berisi dua hal yaitu cerai dan hak asuh anak.



Majelis hakim untuk sidang perdana segera ditetapkan. Pejabat humas PN Jakut, Jootje Sampelang, meyampaikan persidangan nanti akan dilakukan secara tertutup. Majelis hakim juga akan mengupayakan mediasi.

"Iya memang (sidang) tertutup karena hal menyangkut pribadi. Namun pada saat majelis menetapkan persidangan itu setelah persidangan pertama harus ditempuh dulu upaya mediasi dan mediator," ujar Jootje Sampaleng, di kantornya, Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin 8 Januari 2018.



Pada proses mediasi, Ahok-Vero akan didampingi seorang mediator yang ditetapkan ketua pengadilan. Mediator ini bisa dari luar atau internal pengadilan tapi harus mengantongi sertifikat.


Jootje mengimbau agar Ahok dan Veronica menggunakan kesempatan mediasi itu untuk berdamai. Menurutnya, perdamaian tersebut akan bergantung dari mediator masing-masing pihak.


"Tergantung mediatornya. Kalau bisa damai dia akan usahakan karena damai itu indah. Jadi tergantung mediatornya nanti, kita lihat kemauan mereka apa. Mungkin kedua belah pihak sudah punya mediator sendiri," jelas Jootje.


Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) juga ikut berkomentar soal Ahok yang menggugat cerai istrinya. Menurut Sekretaris Umum PGI Pendeta Gomar Gultom, dalam iman Kristen tidak diperkenankan adanya perceraian.


"Hukum yang terutama dalam kekristenan adalah kasih. Dengan mengedepankan kasih, segala pertikaian dan ketidakharmonisan dalam hubungan suami isteri dapat diselesaikan. Dengan kasih, hati yang terasing dan terpecah dapat digenggam sehingga utuh kembali," ujarnya saat dihubungi detikcom.

Akankah Ahok dan Vero berdamai?


[Gambas:Video 20detik]


(fdu/aan)
FOKUS BERITA: Sah! Ahok-Vero Cerai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed