DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 08:52 WIB

Lahan Haji Lulung Jadi Opsi Relokasi Blok G, Sandi: Sistemnya Sewa

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Lahan Haji Lulung Jadi Opsi Relokasi Blok G, Sandi: Sistemnya Sewa Pasar Tanah Abang Blok G akan dibongkar. Pemprov DKI tengah mencari tempat relokasi yang tepat bagi para pedagang (Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom)
Jakarta - Salah satu lahan yang dijadikan opsi tempat relokasi pedagang Blok G Tanah Abang adalah lahan milik Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana atau Haji Lulung. Rencananya, kerja sama penggunaan lahan tersebut akan menggunakan sistem sewa.

"Saya pikir sih sewa lah ya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Rabu (3/1/2018).


Kendati demikian, Sandiaga mengaku belum membicarakan persoalan penyewaan lahan Haji Lulung itu lebih lanjut. Namun, Sandiaga memastikan pihaknya akan menggunakan sistem yang terbuka dan berkeadilan jika lahan Haji Lulung merupakan lahan yang paling sesuai.

"Sistemnya pasti harus yang terbukalah. Terbuka dan berkeadilan," ujarnya.


Sandiaga juga menegaskan tidak akan menutup opsi penggunaan lahan lain sebagai tempat relokasi pedagang yang saat ini mengeluhkan sepinya pengunjung di kiosnya itu. Ia ingin mendapatkan lahan terbaik bagi para pedagang.

"Kita akan pastikan bahwa ini yang terbaik untuk usaha kecil menengah kepada mereka yang kesulitan berdagang," tuturnya.


Sebelumnya, Sandiaga mengatakan akan mempersiapkan lahan bagi pedagang Blok G yang bakal direlokasi. Sandiaga mengatakan lokasi baru untuk pedagang tersebut akan menggandeng berbagai pihak, salah satunya Haji Lulung.

"Salah satu opsi memang (menggunakan lahan) milik Pak Haji Lulung. Tapi nanti lihat opsi lain yang terbaik yang mana atau malah dua-duanya. Pokoknya kita tidak ingin menghadirkan satu solusi yang akhirnya menghantam para pedagang kecil," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (2/1) kemarin.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed