DetikNews
Kamis 21 Desember 2017, 13:28 WIB

Samsat Surati Pemilik Mobil B-1-UNO Terkait Pajak Kendaraan

Mei Amelia R - detikNews
Samsat Surati Pemilik Mobil B-1-UNO Terkait Pajak Kendaraan Foto mobil yang viral di media sosial karena masuk busway (dok. Istimewa)
Jakarta - Pihak Samsat Jakarta Barat telah melayangkan surat kepada Dwi Putranto Sulaksono, pemilik mobil B-1-UNO, setelah foto mobilnya viral di medsos karena menerobos busway. Isi surat itu berkaitan dengan pajak kendaraan mobil Lexus tersebut yang belum dilunasi.

"Kami sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada yang bersangkutan karena belum melakukan daftar ulang kendaraan, belum bayar pajaklah begitu," ujar Kepala Unit PKB-BBNKB Samsat Jakarta Barat Elling Hartono kepada detikcom, Kamis (21/12/2017).


Elling mengatakan pihaknya melakukan pengecekan pajak mobil tersebut setelah mendapatkan informasi dari pihak kepolisian yang meminta data-data kendaraan tersebut. Elling juga mengaku telah mendatangi rumah pemilik mobil di kawasan Slipi, Jakbar pada Sabtu (16/12) lalu.

"Saat itu kami datang mobilnya yang B-1-UNO itu ada, tetapi orangnya lagi keluar kota," sambungnya.


Petugas kemudian memberikan surat kepada orang rumah Dwi. Dalam surat itu, pihak Samsat memperingatkan Dwi berkaitan dengan pajak kendaraan Lexus B-1-UNO yang belum dibayar sejak tahun 2015.

"Dalam surat itu kami meminta kepada yang bersangkutan untuk segera melakukan kewajibannya membayar pajak kendaraan, dan agar memanfaatkan program penghapusan sanksi administrasi PKB dan BBNKB yang akan berakhir tanggal 23 Desember nanti," paparnya.


Selain itu, dalam surat tersebut, petugas mempertanyakan kepemilikan kendaraan tersebut. "Apakah mobil itu masih milik yang bersangkutan atau sudah dijual. Kalau sudah dijual tentunya kan harus balik nama kendaraan agar mengurangi pajak progresif," tandas Elling.
(mei/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed