DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 19:29 WIB

Top 5 News

Selamat Jalan AM Fatwa, Teman Satu Kantor Boleh Nikah

Niken Widya Yunita - detikNews
Selamat Jalan AM Fatwa, Teman Satu Kantor Boleh Nikah Foto: Top 5 News
Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DKI Jakarta, Andi Mappetahang Fatwa atau yang dikenal AM Fatwa meninggal dunia. Fatwa meninggal karena sakit lever.

Sementara itu, Mahkamah Konstitusi (MK) memperbolehkan pernikahan antar-rekan satu kantor. Karena itu sesuai konstitusi dan hak manusia yang hakiki.

Berikut Top 5 News edisi Kamis (14/12/2017).

[Gambas:Video 20detik]


1. Senator AM Fatwa Tutup Usia

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DKI Jakarta, Andi Mappetahang (AM) Fatwa meninggal dunia. Fatwa meninggal dalam usia 78 tahun.

Fatwa meninggal karena mengalami lever stadium 4. Fatwa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Artikelnya dapat disimak di sini: Tokoh-tokoh yang Kehilangan AM Fatwa, Sang Pejuang Umat

2. Hakim Kusno Gugurkan Praperadilan Setya Novanto

Hakim tunggal Kusno menggugurkan praperadilan yang diajukan Setya Novanto. Kusno menyebut pokok perkara yang menjerat Novanto telah disidangkan sehingga praperadilan digugurkan.

Dalam pertimbangannya, Kusno menyebut, berdasarkan Pasal 82 ayat 1 huruf d KUHAP, praperadilan tersebut sudah seharusnya gugur. Selain itu, Kusno mempertimbangkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 102/PUU/VIII/2016, yang memperjelas kapan gugurnya praperadilan.

Artikelnya dapat disimak di sini: Tok! Hakim Gugurkan Praperadilan Setya Novanto

3. Negara Islam Ramai-ramai Akui Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota Palestina

Kepala negara dan menteri yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) di Istanbul, Turki menyerukan negara-negara dunia untuk mengakui Yerusalem Timur, yang diduduki Israel, sebagai ibu kota Negara Palestina.

Pengumuman ini ditampilkan dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Turki. Pengumuman juga berisi penolakan dan kecaman keras atas keputusan kontroversial Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump soal Yerusalem.

Artikel ini dapat disimak di sini: Negara-negara OKI Nyatakan Yerusalem Timur Ibu Kota Palestina

4. MK Cabut Larangan Nikahi Rekan Satu Kantor

Mahkamah Konstitusi (MK) membuka kebahagiaan bagi karyawan yang ingin menikahi pasangannya dalam 1 kantor. MK memperbolehkan pernikahan antar-rekan satu kantor karena itu sesuai konstitusi dan hak manusia yang hakiki.

Ketua MK Arief Hidayat mengatakan, Pasal 153 ayat 1 UU No 13/2013 tentang ketenagakerjaan bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat. Frasa 'kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama' juga dibatalkan dan tidak mengikat.

Artikelnya dapat disimak di sini: Sah! MK Bolehkan Pegawai Nikah dengan Teman 1 Kantor

5. Pelepasan Balon Rayakan 16 Tahun Transmedia

Sehari sebelum milad Transmedia, segenap karyawan dan jajaran direksi berkumpul untuk melepas ratusan balon ke angkasa. Pelepasan balon tersebut sudah menjadi tradisi.

Dengan membawa semangat terbang bersama, diharapkan Transmedia terus berkiprah menjadi semakin baik menginjak usia 16 tahun. Videonya dapat disimak di sini: Pelepasan Balon Rayakan 16 Tahun Transmedia
(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed