DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 15:45 WIB

Taufik Nilai Anggaran Dana Parpol di APBD 2018 Wajar

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Taufik Nilai Anggaran Dana Parpol di APBD 2018 Wajar Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik menilai besaran angka bantuan partai politik (parpol) pada APBD 2018 wajar. Menurutnya, dana parpol yang diajukan nilainya lebih rendah daripada dana hibah untuk badan, lembaga, organisasi swasta, atau organisasi masyarakat (ormas) yang dialokasikan dalam APBD 2018.

"Wajar aja menurut saya. Karena bayangkan tadi dana parpol yang kami terima lebih rendah dari LSM," kata Taufik di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Selain itu, kata Taufik, parpol memiliki banyak tugas penting yang membutuhkan dana. Ia pun mengaku hingga saat ini pihaknya belum menerima dana partai tahun 2017.

"Belum, kan saya belum terima kan. Saya mesti terima 200, bayangkan gini parpol lebih kecil dari LSM subsidinya," ujar Taufik.

Taufik juga menjelaskan DKI Jakarta merupakan daerah khusus yang tidak memiliki daerah tingkat dua. Jadi kenaikan dana parpol dari Rp 400 menjadi Rp 4.000 itu, menurutnya, sudah sesuai dengan aturan yang ada.

"Aturannya ada, aturannya misal, di nasional bisa naik sampai Rp 1.000 sekian. Tetapi di Provinsi DKI, khususnya, ada klausul berdasar kemampuan daerah. Kedua, kita kekhususannya tidak punya kabupaten atau kota," ucap Taufik.

Seperti diketahui, kenaikan dana parpol dalam APBD DKI 2018 disorot banyak pihak, salah satunya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Kenaikan dana parpol tersebut dinilai terlalu tinggi.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed