DetikNews
Jumat 08 Desember 2017, 18:55 WIB

PDIP Minta Golkar Pilih Ketua DPR yang Tak Ada Masalah Hukum

Haris Fadhil - detikNews
PDIP Minta Golkar Pilih Ketua DPR yang Tak Ada Masalah Hukum Junimart Girsang (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Polemik Kursi Ketua DPR
Jakarta - Anggota Komisi III Fraksi PDIP Junimart Girsang meminta Partai Golkar memilih Ketua DPR yang bersih. Menurutnya, kekosongan kursi Ketua DPR akibat kasus hukum mempengaruhi marwah lembaga legislatif tersebut.

"Kita hanya berharap agar teman-teman dari Fraksi Partai Golkar itu betul-betul bisa memilih secara objektif calon Ketua DPR yang telah selesai dengan dirinya sendiri. Yang tidak ada masalah hukum," kata Junimart di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (8/12/2017).


"Bagaimana mungkin lembaga DPR, lembaga legislatif, tidak mempunyai ketua ini kan berpengaruh secara marwah," sambungnya.

Ia menyebut ketiadaan Ketua DPR tak berpengaruh terhadap kinerja DPR. Hal itu disebabkan masih adanya empat pimpinan DPR lain yang menjalankan tugas secara normal.

"Dari segi kinerja nggak ada masalah karena masih ada empat pimpinan lain yang bisa mengambil keputusan. Kecuali tiga pimpinan tidak bisa mengambil keputusan, maka DPR akan menjadi stuck, berhenti tidak bisa apa-apa," ujarnya.


Sebagai informasi, hingga saat ini Novanto masih menjabat Ketua DPR meski berada dalam tahanan KPK terkait kasus dugaan korupsi e-KTP. Novanto akan menjalani sidang perdana pada 13 Desember mendatang.
(dkp/dkp)
FOKUS BERITA: Polemik Kursi Ketua DPR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed