Siapa KSAU Pengganti Marsekal Hadi?

Siapa KSAU Pengganti Marsekal Hadi?

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jumat, 08 Des 2017 15:05 WIB
Marsekal Hadi dan jajaran TNI di DPR. (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom).
Marsekal Hadi dan jajaran TNI di DPR. (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta - Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik sore ini sebagai Panglima TNI. Lantas siapa yang akan menggantikan Marsekal Hadi untuk posisi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU)?

Hingga jelang pelantikan, Marsekal Hadi masih menjabat sebagai KSAU. Nantinya posisi Hadi sebagai KSAU akan digantikan oleh perwira tinggi yang memenuhi syarat sesuai ketentuan.

Berdasarkan UU No 34 tahun 2004 tentang TNI, Kepala Staf Angkatan akan diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Namun calonnya diusulkan oleh Panglima TNI.


Dalam Pasal 14 disebutkan, kepala staf diangkat dari Perwira Tinggi aktif dari angkatan yang bersangkutan dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier. Lalu pada pasal selanjutnya disebutkan, tata cara pengangkatan dan pemberhentian Kepala Staf Angkatan diatur dengan keputusan Presiden.

"Saya masih Kepala Staf (KSAU-red). Sekarang masih saya, untuk kriteriannya yang jelas harus dari TNI AU," ujar Marsekal Hadi saat ditanya soal penggantinya di pucuk pimpinan TNI AU, Kamis (7/12).

Posisi Kepala Staf Angkatan harus diisi oleh perwira tinggi (pati) bintang empat sesuai dengan matranya. Sehingga yang berpeluang menjadi KSAU adalah pati dengan tiga bintang di di pundaknya.


Di TNI AU, ada 4 perwira tingginya yang menduduki pos bintang 3. Mereka adalah Wakil Gubernur Lemhannas Marsdya TNI Bagus Puruhito, Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Wakil KSAU Marsda Yuyu Sutisna dan Kepala Badan SAR Nasional Marsda M Syaugi.

Meski begitu, Marsda Yuyu dan Marsda Syaugi masih menyandang bintang dua meski sudah menduduki pos bintang tiga. Mereka hanya tinggal menunggu kenaikan pangkat dari Mabes TNI.

"Sementara ada 2 orang (yang bintang tiga). Wagub Lemhannas dan Sekjen Kemhan," ujar Kadispen TNI Marsma Jemi Trisonjaya, Jumat (8/12/2017).


"Wakasau dan Kabasarnas belum naik pangkat. Tapi job bintang 3," imbuhnya.

Meski begitu, Jemi belum bisa memastikan apakah Marsda Yuyu dan Marsda Syaugi bisa masuk ke dalam kandidat pengganti Marsekal Hadi. Itu semua tergantung dari usul Hadi nanti setelah menjadi Panglima TNI, dan persetujuan Presiden Joko Widodo.

"Itu semuanya kebijakan pimpinan," ucap Jemi.

Lantas siapakah yang akan menjadi KSAU? (elz/fjp)