DetikNews
Rabu 29 November 2017, 17:59 WIB

Besok, MKD DPR Periksa Dugaan Pelanggaran Etik Novanto di Gedung KPK

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Besok, MKD DPR Periksa Dugaan Pelanggaran Etik Novanto di Gedung KPK Foto: Dwi Andayani-detikcom
Jakarta - KPK mengungkap informasi Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR akan memeriksa Ketua DPR Setya Novanto besok. Pemeriksaan itu akan difasilitasi di kantor KPK, sebab status Novanto yang menjadi tahanan lembaga antirasuah ini.

"Besok direncanakan KPK akan memfasilitasi MKD yang akan melakukan pemeriksaan terhadap SN (Setya Novanto) di kantor KPK. Jadi sebelumnya kita terima surat dari MKD untuk dilakukan pemeriksaan. Besok dilakukan pemeriksaan sekitar pukul 10.00 WIB," ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2017).


Pemeriksaan itu, kata Febri, terkait dugaan pelanggaran etik. Namun, Juru Bicara KPK ini mengatakan keterangan lebih jauh soal itu merupakan kewenangan MKD untuk memberi penjelasan.

"Ya, itu surat (soal pelanggaran etik) yang kita terima. Untuk poin-poinnya ditanyakan ke MKD. Kita porsinya lebih pada memfasilitasi MKD besok untuk melakukan pemeriksaan itu, di kantor KPK," kata dia.


Desakan soal ketegasan MKD memproses pelanggaran etik Novanto belakangan santer disuarakan. Ini terjadi sejak Ketua DPR itu resmi ditahan KPK 19 November lalu, karena statusnya sebagai tersangka dugaan korupsi e-KTP.

Pekan lalu MKD sempat akan menggelar sidang untuk memutuskan kedudukan Novanto, namun akhirnya ditunda. Menyusul kemudian beredar surat dari Setya Novanto yang ogah mundur dari jabatannya. Surat itu ditujukan ke pimpinan DPR dan memohon agar sidang MKD tidak digelar lebih dulu.
(nif/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed