DetikNews
Selasa 28 November 2017, 22:11 WIB

Kodam Udayana Siaga Penuh Bantu Evakuasi Pengungsi Gunung Agung

Indra Komara - detikNews
Kodam Udayana Siaga Penuh Bantu Evakuasi Pengungsi Gunung Agung Video conference penanganan erupsi Gunung Agung. (Indra Komara/detikcom)
FOKUS BERITA: Erupsi Gunung Agung
Jakarta - Kodam Udayana juga berperan aktif menangani para pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Agung. Seluruh personel disiagakan penuh.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Staf Pangdam Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, lewat video conference koordinasi penanganan erupsi Gunung Agung, Selasa (28/11/2017). Acara ini dipimpin Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan dari ruang Command Center Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).


Brigjen Stephanus menjelaskan, saat erupsi terjadi, mereka mengirimkan 100 personel untuk membantu pelaksanaan evakuasi warga. Secara keseluruhan, personel Kodam Udayana yang sudah dikerahkan dalam penanganan bencana ini kurang-lebih ada 900 personel.

Saat ini Kodam Udayana sudah menyiagakan kembali personel sebanyak 2.100 orang. Jika dibutuhkan bantuan tambahan, Kodam Udayana akan meminta personel dari Nusa Tenggara Barat sebanyak 700 personel dan dari Nusa Tenggara Timur sebanyak 1.400 personel.


"Kami juga men-standby-kan kendaraan-kendaraan apabila nanti diperlukan untuk mengevakuasi warga-warga yang kemungkinan ikut terdampak. Kami sudah mempersiapkan 52 kendaraan truk. Personel kesehatan kita siap 100 orang dengan perlengkapannya. Kemudian dapur lapangan kita masih punya 12 set lengkap dengan tenda-tendanya," paparnya.

"Kami juga siap membantu pemda apabila segera diperlukan," Brigjen Stephanus menegaskan. Dia bicara mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak.
(hri/fdn)
FOKUS BERITA: Erupsi Gunung Agung
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed