DetikNews
Sabtu 18 November 2017, 07:00 WIB

Diminta KPK, IDI Masih Proses Second Opinion Kondisi Setya Novanto

Niken Purnamasari - detikNews
Diminta KPK, IDI Masih Proses Second Opinion Kondisi Setya Novanto Foto: Istimewa
Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah menerima surat bantuan pemeriksaan untuk pendapat kedua (second opinion) terkait kondisi Setya Novanto. IDI masih memproses data yang dibutuhkan untuk second opinon tersebut.

"Kita masih proses. Masih proses data, proses rujukan dari RS Medika Permata Hijau ke RSCM. Nanti kita kumpulkan dari tim dokter kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap Setya Novanto," ujar Sekjen Pengurus Besar IDI Moh. Adib Khumaidi saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (17/11/2017) malam.




[Gambas:Video 20detik]

Adib mengatakan tim dari IDI juga akan bekerja sama dengan tim RSCM, tempat Novanto dirawat saat ini. Nantinya, hasil second opinion dari IDI akan menjadi rujukan bagi KPK apakah dapat memeriksa Novanto atau tidak.


"Tim dari IDI nanti kerja sama dengan tim RSCM. Kemudian hasilnya kita serahkan kepada KPK untuk menyatakan bahwa apakah Setya Novanto masih bisa dilakukan pemeriksaan atau tidak. Itu saja. Kita bukan bicara diagnostik atau penyembuhan," kata Adib.

Namun nantinya hasil dari second opinion itu tidak akan dibuka kepada publik. Hanya pihak KPK yang akan menerima soal second opinion.

"Hanya disampaikan kepada KPK," kata Adib.

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed