DetikNews
Selasa 14 November 2017, 09:07 WIB

Bareskrim Buka Posko Pengaduan untuk Para Korban PT MGI

Denita Matondang - detikNews
Bareskrim Buka Posko Pengaduan untuk Para Korban PT MGI Banner pengaduan korban PT MGI (Foto: Denita Matondang/detikcom)
Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri membuka posko pengaduan bagi para korban PT Mione Global Indonesia (MGI). PT MGI adalah perusahan investasi bodong berkedok pulsa listrik/HP.

"Ini (Posko) untuk mempercepat pendataan korban. Diharapkan bagi masyarakat yang menjadi korban dapar segera melaporkan," Kata Dirtipideksus Brigjen Agung Setya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/11/2017)


Agung mengatakan korban dapat melakukan pengaduan langsung ke ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Bareskrim Polri di Gedung KKP, Bareskrim Polri, Jalan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat. Korban juga bisa melapor melalui nomor WhatsApp ke Nomor 081385478887 atau email ke tipideksus.bareskrim@polri.go.id

Setelah First Travel, Bareskrim Buka Posko Pengaduan Korban PT MGIFoto: Denita Matondang/detikcom
Dengan mencantumkan syarat data antara lain fotokopi KTP, bukti pembelian pulsa listrik/Hp dan bukti transfer ke rekening PT MGI melalui WA/email.

"Posko sudah dibuka sejak bulan Agustus 2017, hingga saat ini sudah 150 masyarakat yang sudah melaporkan ke Posko, dan Penyidik sudah melakukan pemeriksaan terhadap 20 orang korban," kata Agung.


Agung menyebut jumlah korban mencapai 22.000 orang dan tersebaar di beberapa Provinsi di Indonesia. Adapun total kerugian mencapai Rp 400 Milyar.

Dalam perkara ini, Polisi menetapkan 3 tersangka, yakni dua orang Direksi PT MGI dan komisaris PT WN Malaysia dengan inisial KWC. Ketiganya diduga melanggar pasal 105 Jo. Pasal 9 UU No 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan diancam dengan Pidana penjara paling lama 10 tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 10 Miliar.

Sementara itu, posko pengaduan First Travel sampai saat ini masih dibuka. Tetapi posko dipindahkan ke Lantai 1 Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.
(rna/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed