DetikNews
Kamis 02 November 2017, 18:07 WIB

Kementerian PPPA Siap Tangani Pekerja Perempuan di Hotel Alexis

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Kementerian PPPA Siap Tangani Pekerja Perempuan di Hotel Alexis Menteri PPPA Yohana Yembise (Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkaji dugaan praktik perdagangan manusia di Hotel Alexis. Dia bersama kementerian terkait siap melakukan pemetaan terkait jumlah perempuan dan anak yang bekerja di hotel tersebut.

"Saya minta Gubernur DKI untuk melakukan kajian dulu, apakah di dalam itu dideteksi adanya tindak pidana perdagangan manusia atau anak yang bekerja di hotel itu. Sehingga kami dan kementerian terkait bisa mapping jumlah perempuan di situ yang merupakan korban," kata Yohana di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakbar, Kamis (2/11/2017).

Dia menambahkan Kementerian PPPA dan Kementerian Sosial (Kemensos) siap memberdayakan para pekerja dalam segala kegiatan positif. Diharapkan dalam waktu dekat sudah dapat diketahui jumlah pekerja Hotel Alexis untuk segera ditangani.

"Saya sudah menyampaikan, tim kami pergi lakukan kajian dan mapping. Semoga dalam waktu dekat ada masukan ke saya berapa jumlah perempuan dan anak bisa kita bantu dan bagaimana penanganannya," ujarnya.

Pemprov DKI berencana menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk melatih dan menyalurkan eks pekerja Hotel Alexis ke hotel-hotel syariah yang saat ini berkembang di Jakarta. Hal itu sebagai bagian dari program Halal Tourism.

"Akan di-train dan akan disalurkan pada hotel-hotel berbasis syariah yang sedang berkembang," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (2/11).


Sandi menambahkan MES juga bersedia menjadi pendamping untuk konsultasi dan advokasi para pekerja Hotel Alexis. Hal tersebut akan segera dilakukan setelah Pemprov DKI mendapatkan daftar nama pegawai Hotel Alexis dari Disnaker.


(yas/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed