DetikNews
Selasa 24 Oktober 2017, 10:27 WIB

Jenderal Dunford akan Hubungi Panglima TNI Terkait Penolakan Masuk AS

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jenderal Dunford akan Hubungi Panglima TNI Terkait Penolakan Masuk AS Jenderal Gatot (Foto: Pool/Puspen TNI)
Jakarta - Panglima TNI Gatot Numantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat (AS). Panglima tertinggi Marinir AS Jenderal Joe Dunford akan langsung melakukan komunikasi dengan Gatot Nurmantyo.

"Tentunya, kalau terkait dengan konferensi ini sudah tidak terkejar lagi. Tetapi, intinya adalah bahwa kunjungan kapan pun warmthly welcome. Kemudian seterusnya mereka menyampaikan bahwa Jenderal Danford akan melakukan komunikasi dengan Jenderal Gatot," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (24/10/2017).



Menlu Retno mengatakan bahwa pihaknya telah bertemu dengan perwakilan Kedutaan AS Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyampaikan bahwa hubungan antara Indonesia-AS sangat penting. Amerika melihat Indonesia merupakan partner yang penting bagi AS.

"Mereka menyampaikan regret and apology terhadap situasi yang terjadi. Keempat, mereka menyampaikan bahwa penolakan tersebut sudah tidak ada dan mereka menyambut baik Jenderal Gatot untuk berkunjung ke AS," terangnya.

Saat ini, pihak AS tengah melalukan koordinasi untuk mencari tahu penyebabnya terjadinya penolakan terhadap Panglima TNI.

Meski telah menyampaikan permintaan maaf ke Indonesia, namun pemerintah tetap memerlukan penjelasan detail soal kejadian itu.

"Jadi mudah-mudahan dalam waktu dekat paling ada penjelasan dan dalam waktu dekat kita harapkan komunikasi langsung dari Jenderal Danford pada Jenderal Gatot," tegasnya.
(fiq/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed