DetikNews
Minggu 22 Oktober 2017, 10:47 WIB

Soroti Warisan Nusantara, Anies Janji Renovasi Masjid Jami'Al Mansur

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Soroti Warisan Nusantara, Anies Janji Renovasi Masjid JamiAl Mansur Foto: Gubernur DKI Anies Baswedan di Haul KH Muhammad Mansur di Jembatan Lima. (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan memprioritaskan pembangunan renovasi Masjid Jami' Al Mansur yang berada di Jembatan Lima, Jakarta Barat, dalam program pembangunan DKI Jakarta.

Hal itu diungkapkan Anies di depan ratusan jamaah yang hadir dalam acara peringatan Haul ke-50 KH Muhammad Mansur serta 300 tahun Masjid Masjid Jami' Al Mansur.

"Insyaallah kita akan masukkan renovasi masjid ini jadi prioritas renovasi di Jakarta," katanya di Masjid Jami' Al Mansur, Jembatan Lima, Jakarta Barat, Minggu (22/10/2017).

[Gambas:Video 20detik]


Anies mengungkapkan, tak banyak bangunan tua yang merupakan warisan asli bangsa Indonesia seperti Masjid Jami' Al Mansur. Banyak bangunan tua, contohnya di Kota Tua, merupakan warisan Belanda.

"Di Jakarta banyak gedung tua. Tapi bukan warisan kita. Tapi bangunan Belanda. Kota Tua bangunan siapa? Kantor Gubernur bangunan siapa? Ya warisan Belanda. Tapi masjid ini dibangun oleh keringat umat Islam Jakarta," tuturnya.

Anies menjelaskan masjid yang sudah berusia 300 tahun itu memang membutuhkan perawatan. Menurutnya tidak banyak di Indonesia yang bangunan masjid yang usianya lebih dari 300 tahun.

"Tidak banyak di Nusantara bangunan masjid yang usianya lebih dari 300 tahun. Dan tempat ini telah berhasil dirawat hingga 300 tahun," sebut Anies.


Namun Anies mengaku belum mengalokasikan dana yang akan dianggarkan untuk renovasi masjid ini.

"Belum. Belum," ujarnya.

Ditanya apakah nantinya anggaran renovasi akan dialokasikan dalam APBD 2018, Anies juga mengaku belum tahu. Namun ia menjanjikan akan tetap memasukkan anggaran renovasi masjid dalam APBD.

"Nanti kita lihat apakah bisa dimasukkan ke dalam APBD 2018. Kalau tidak bisa kita masukkan yang berikutnya," tutup Anies.
(elz/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed