Hasil Pemeriksaan Internal Dirdik KPK Diumumkan 2 Pekan Mendatang

Faiq Hidayat - detikNews
Jumat, 15 Sep 2017 02:19 WIB
Dirdik KPK Aris Budiman. (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta - Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyatakan hasil pemeriksaan internal terhadap Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Brigjen Aris Budiman akan diumumkan dua pekan mendatang. Saat ini pengawas internal sedang melakukan pemeriksaan.

"Kami sudah putuskan diperiksa secara menyeluruh oleh PI. Nanti hasilnya dua minggu nanti kami umumkan," ujar Basaria kepada wartawan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Basaria berharap penyelesaian pemeriksaan internal berjalan dengan damai dan aman. Dia menyatakan KPK tidak menimbulkan masalah atas pemeriksaan terhadap stafnya tersebut dan seluruh pegawai tetap bekerja secara profesional.


"Nanti pimpinan sepakat apa, kita inginkan semua dengan soft dan smooth tidak ada apa-apa, bekerjanya aman dan nyaman. Jadi dalam organisasi bekerja maksimal, tidak mungkin menimbulkan masalah," kata Basaria.

Sementara itu Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menyebut ada 3 materi yang diklarifikasi dalam pemeriksaan internal. Pertama terkait dengan e-Mail penyidik KPK Novel Baswedan yang dipermasalahkan Aris Budiman.

"Kedua, terkait persidangan dengan terdakwa Miryam S Haryani, dan yang ketiga terkait RDP (rapat dengar pendapat) di pansus," jelas Febri sebelumnya, Senin (4/9).


"Dan yang paling penting adalah terkait kepentingan institusi KPK. Karena secara kelembagaan proses pemeriksaan internal digunakan untuk menegakkan integritas KPK," imbuhnya. (fai/elz)