DetikNews
Selasa 12 September 2017, 19:12 WIB

Penghina Iriana Jokowi Adalah Mahasiswa di Bandung

Audrey Santoso - detikNews
Penghina Iriana Jokowi Adalah Mahasiswa di Bandung Irjen Setyo Wasisto (Foto: dok detikcom)
Jakarta - DI, pemuda yang menghina Ibu Negara Iriana Joko Widodo di media sosial Instagram, dengan akun @warga_biasa, adalah seorang mahasiswa di Bandung. Kini pemuda 21 tahun itu mendekam di balik sel tahanan Polrestabes Bandung.

"Mahasiswa, lagi sekolah di Bandung. Lahir tahun 1996. Sekarang ditahan di Polrestabes Bandung," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2017).




Setyo mengatakan saat ini kepolisian masih menggali motif DI mem-posting konten hinaan tersebut. "Motifnya belum terungkap. Masih kita dalami motif dia sebenarnya," sambung Setyo.

Setyo berharap penangkapan DI menjadi pelajaran bagi netizen lainnya agar lebih bijaksana memanfaatkan media sosial, dengan tidak menyebarkan ujaran kebencian dan penghinaan.

"Kita harap masyarakat ada perubahan, tidak menayangkan lagi ujaran-ujaran kebencian yang tidak layaklah," ujar Setyo.

"Sebetulnya sedih juga kita melihat kasus-kasus ITE (informasi dan transaksi elektronik) masih merebak, ujaran-ujaran kebencian masih berada di dunia maya," imbuh dia.

DI ditangkap di rumah orang tuanya, Palembang, Sumatera Selatan, pada Senin (11/9). Tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Bandung sebelumnya mengamankan seorang perempuan berinisial DW dan meminta keterangannya terkait posting-an DI.

Dari DW, polisi mendapati lokasi keberadaan DI dan terbang ke Palembang untuk melakukan penangkapan.
(aud/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed