DetikNews
Rabu 30 Agustus 2017, 10:41 WIB

Selain di Slipi, Penyidik Juga Geledah Rumah Eks Pejabat Pertamina

Yulida Medistiara - detikNews
Selain di Slipi, Penyidik Juga Geledah Rumah Eks Pejabat Pertamina Gedung Bareskrim Polri (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Bareskrim Polri akan kembali menggeledah rumah eks Senior Vice President (SVP) Asset Management PT Pertamina, Gathot Harsono. Penggeledahan akan dilakukan di rumah Gathot yang lain selain di Slipi.

"Akan menggeledah rumah yang lain," kata Kasubdit V Direktorat Tipikor Bareskrim Polri, Kombes Indarto, ketika dihubungi detikcom, Rabu (30/8/2017).

Pada Selasa (29/8) kemarin polisi telah menggeledah rumah Gathot yang berlokasi di Jalan Anggrek Roslaina I, Blok H/10 A, Slipi, Jakarta Barat. Selanjutnya polisi akan menggeledah rumah Gathot di Bumi Serpong Damai (BSD),Tangerang Selatan.

"Rumah yang di BSD," ujarnya.



Penggeledahan tersebut ditujukan untuk mendalami kasus dugaan korupsi penjualan lahan Pertamina seluas 1.088 meter persegi di Simprug, Jakarta Selatan pada 2011 silam. Serta untuk mencari titik terang keberadaan Gathot karena hingga sekarang dia masih menjadi buron.

"Penggeledahan ini juga utamanya mencari tersangka Gathot dan bukti yang bisa membantu menunjukan keberadaan Gathot," ungkap Indarto.



Gathot adalah tersangka kasus dugaan korupsi penjualan lahan Pertamina seluas 1.088 meter persegi di Simprug, Jakarta Selatan yang terjadi pada 2011 silam. Polisi menyebut kerugian negara yang disebabkan perbuatan korupsi itu sebesar Rp 40,9 miliar.

Polisi memasukkan Gathot dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) karena Gathot menghilang saat polisi hendak menangkapnya. Indarto menduga pelarian Gathot tak sampai keluar negeri karena polisi telah bekerja sama dengan pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkum HAM, untuk mencekal Gathot setelah penetapan tersangka pada 15 Juni 2017.

Hasil penggeledahan sementara di rumah Gathot di Slipi kemarin, polisi menyita beberapa dokumen terkait penjualan aset berupa lahan PT Pertamina (Persero).

Dugaan tindak korupsi itu terjadi ketika Gathot menjabat sebagai Senior Vice President PT Pertamina (Persero). Dalam kasus ini, polisi telah menyita lahan 1.088 meter persegi dari pemiliknya saat ini dan telah melakukan pelimpahan tahap 1 ke kejaksaan.
(yld/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed