Contraflow di Jalan Salemba Raya, Warga: Enak Lancar Walau Muter

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 10:10 WIB
Contraflow di Salemba (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polda Metro Jaya merekayasa arus lalu lintas (lalin) dengan cara contraflow di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Pemberlakuan contraflow itu dinilai mampu mengurai kepadatan lalin.

"Lancar, selama 6 hari ini arusnya lancar, enak ya. Seterusnya kayak gini sih nggak apa-apa kalau buat saya," kata pengendara bajaj Samsuri saat ditemui di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2017).



Ia juga mengatakan tidak jadi masalah bila contraflow hanya diberlakukan hingga 27 Juli mendatang. Ia merasakan manfaat yang besar setelah pengalihan arus ini dilakukan.

"Ya nggak apa-apa, ini kan kebijakan pemerintah saja buat yang lain biar baik juga. Enak lancar, dari sini mau ke Senen, ke Gambir, lancar walau muter dulu lewat RSCM," ujarnya.

Contraflow di Jalan Salemba Raya, Warga: Enak Lancar Walau MuterSopir bajaj Samsuri soal contraflow di Jalan Salemba Raya (Cici Marlina Rahayu/detikcom)


Berbeda dengan Samsuri, pedagang kopi bernama Siti mengeluh pengalihan arus ini membuat dagangannya kurang laku. Sebab, tak banyak pengendara ojek online yang menunggu penumpang di lapaknya.

"Manfaatnya ada, siang tidak terlalu macet, dan motor juga nggak naik trotoar. Tapi segi negatifnya seperti Go Jek, Grab, yang pada mangkal di sini pada nggak mampir, dagangan jadi kurang gitu," ujar Siti saat ditemui di sekitar lokasi.

Siti, pedagang kopi di Jl SalembaSiti, pedagang kopi di Jl Salemba (Cici Marlina Rahayu/detikcom)




Samsuri dan Siti berharap pemberlakuan contraflow di Jalan Salemba Raya ini sesuai dengan kebijakan pemerintah. Seperti diketahui, contraflow itu diberlakukan di sepanjang Jalan Salemba Raya arah Matraman sejak Kamis (20/7). (cim/ams)