Melihat Interior Bus Party Royale VIP yang Disita Kemenhub

Rangga Rahadiansyah - detikNews
Jumat, 21 Jul 2017 18:18 WIB
Bus Party disita Kemenhub (Helda Ultri Lubis/detikcom)
Jakarta - Pernah lihat bus yang digunakan untuk berpesta? Tak hanya di negara-negara bumi belahan Barat, di Indonesia pun party bus juga ditemui.

Royale VIP Bus, adalah contohnya. Bus yang dioperasikan oleh Royale VIP itu diklaim sebagai party bus pertama di Tanah Air. Anda bisa berpesta sambil menikmati perjalanan ala orang luar negeri menggunakan party bus ini.


Bus ini sejatinya adalah bus Mitsubishi yang interiornya dimodifikasi. Kokpit untuk sopir dipisah dengan ruang utama untuk pesta. Lampu kelap-kelip menghiasi ruangan khas lokasi pesta.

Bus party yang diklaim pertama di IndonesiaBus party yang diklaim pertama di Indonesia (Foto: Rangga Rahadiansyah/detikcom)

Tersedia fasilitas standar di bus berupa musik dengan sound system yang menggelegar, fasilitas karaoke, kulkas untuk menyimpan minuman atau makanan, hingga toilet. Berada di dalam bus ini terasa sangat privat.

Saat meninjau bus ini, detikOto diberi kesempatan untuk menikmati sound system yang menggelegar. Musik electronic dance music diputar dengan volume suara full. Kualitas suaranya pun terbilang baik dengan bass yang menghentak.


Untuk menikmati bus ini, Anda bisa menyewanya minimal tiga jam dengan harga Rp 3,5 juta. Namun, jika waktu penyewaan lebih dari itu, tarifnya justru lebih murah. Ini sesuai paket yang ditawarkan Royale.

Head unit di dalam busHead unit di dalam bus (Foto: Rangga Rahadiansyah/deteikcom)

Jarak pun tak ada batasan. Anda boleh menikmati bus party ini sampai waktu sewa habis. Kalau pun lebih, cukup membayar selisihnya yang sudah ditetapkan.

Royale VIP Bus juga menyediakan fasilitas standar berupa air mineral dan es. Tapi jika Anda ingin meminta fasilitas lain seperti makanan ringan, Anda bisa memesannya dengan biaya tambahan.

Secara umum, bus ini mampu menampung 20-25 orang, tergantung postur penumpangnya. Biasanya, bus ini digunakan untuk merayakan pesta ulang tahun atau pesta-pesta lainnya.


Penyewanya beragam. Mulai dari pribadi hingga perusahaan-perusahaan besar.

Bahkan, warga negara asing--yang tinggal di Indonesia atau sekadar melancong--tak sedikit yang memanfaatkan fasilitas ini. Mereka tampaknya ingin menikmati Indonesia layaknya negara sendiri.

Bus ini dilengkapi dengan toilet di dalamnyaBus ini dilengkapi dengan toilet di dalamnya (Foto: Rangga Rahadiansyah/deteikcom)

Dari cerita orang-orang yang sudah menggunakan bus ini, lebih asyik berpesta sambil menikmati perjalanan. Apalagi turis yang mengajak pemandu wisata, bisa wisata sekaligus pesta di dalam bus ini.

Soal rute, sepenuhnya diserahkan ke penyewa. Awak bus tinggal membawa Anda ke mana pun tujuan yang Anda mau.

Penampakan bus Party Royale VIPPenampakan bus Party Royale VIP (Foto: Rangga Rahadiansyah/detikcom)

Tapi, bus ini tetap ada peraturannya yang harus dipatuhi pengguna. Pertama, penggunanya tidak diperbolehkan merokok. Kedua, membawa segala jenis narkotika atau melakukan tindakan asusila. Ketiga, diharuskan menjaga fasilitas yang ada pada bus ini dengan tidak merusaknya.

Meski Anda bayar semahal apa pun, peraturan tetaplah peraturan yang tidak boleh dilanggar. Bus ini juga dilengkapi kamera CCTV untuk mengawasinya. Jadi, jangan coba-coba melanggar peraturan yang sudah disepakati. (rgr/jbr)