DetikNews
Jumat 07 Juli 2017, 16:38 WIB

Proses Aduan Ujaran 'Ndeso' Kaesang, Polisi Panggil 3 Ahli

Dwi Andayani - detikNews
Proses Aduan Ujaran Ndeso Kaesang, Polisi Panggil 3 Ahli Salah satu aksi Kaesang Pangarep saat nge-vlog. (Screenshot YouTube Kaesang)
FOKUS BERITA: Kaesang Dipolisikan
Jakarta - Polres Metro Bekasi Kota melanjutkan laporan yang dibuat Muhammad Hidayat soal dugaan ujaran kebencian oleh anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Saat ini polisi tengah fokus menyelidiki materi laporan itu.

"Sekarang yang sedang kita fokus untuk diselidiki adalah materi ujaran kebencian, yang tercantum dalam YouTube yang disampaikan oleh pelapor," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Hero Henrianto Bachtiar saat ditemui di kantornya, Jalan Pramuka No 79, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Jumat (7/7/2017).

Baca juga: Polisi Ungkap Modus di Balik 60 Aduan dari Si Pelapor Kaesang

Pada tahap awal, polisi telah mengirimkan surat undangan kepada Hidayat guna mengklarifikasi laporan yang dibuatnya. Meski datang ke Mapolres Bekasi Kota, Hidayat tidak bersedia dimintai keterangan oleh petugas.

Walau demikian, dalam menyelidiki laporan Hidayat, polisi telah memanggil tiga ahli. Setelah itu, polisi akan menggelar perkara untuk menentukan kemungkinan kasus tersebut naik ke tingkat penyidikan.

Baca juga: Kompolnas Nilai Kaesang Tak Lontarkan Ujaran Kebencian

"Penyelidikan dalam tahapan ini anggota Reskrim sedang meminta keterangan tiga ahli, yaitu ahli pidana, ahli komunikasi dan informatika, serta ahli bahasa. Jadi semuanya sudah dalam proses pemeriksaan, meminta keterangan. Dan nanti akan kita gelar lagi, keputusan perkara tersebut ditingkatkan atau tidak ke penyidikan," ujarnya.

Ketiga saksi ahli tersebut ialah ahli bahasa dari Universitas Negeri Jakarta, ahli pidana dari Universitas Trisaksi, serta ahli komunikasi dan informasi dari Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII).

Baca juga: Pelapor 'Ndeso' Kaesang Masuk ke SPKT Polres Bekasi

Hero mengatakan sudah ada hasil yang didapatkan dari para saksi ahli. Namun saat ini dia menyatakan hal itu tidak dapat disampaikan ke publik.

Pelapor Kaesang hari ini memenuhi surat undangan yang dikirimkan kepadanya. Dia ingin mempertanyakan kelanjutan laporan kepada Kaesang yang dibuatnya.

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fjp)
FOKUS BERITA: Kaesang Dipolisikan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed