DetikNews
Rabu 07 Juni 2017, 13:52 WIB

Apa Beda UKP Pancasila Bikinan Jokowi dan BP7 di Era Soeharto?

Ray Jordan - detikNews
Apa Beda UKP Pancasila Bikinan Jokowi dan BP7 di Era Soeharto? Pelantikan UKPPIP oleh Presiden Jokowi / Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo telah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP). Kepala UKPPIP, Yudi Latif menyebut lembaga ini berbeda dengan lembaga terkait Pancasila di era Orde Baru.

Di era kepempinan Soeharto, ada Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7) dan program Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (P4).

"Jadi kalau BP7 orientasinya lebih penataran-penataran kalau sekarang sebenarnya dimensi horizonnya lebih luas walaupun sekarang strukturnya lebih ringkas," kata Yudi di Istana Negara, Rabu (7/6/2017).



Yudi mengatakan dulu jejaring BP7 tersebar hingga ke tingkat kabupaten. Kini, UKPPIP bertugas menggodok konsep yang nantinya dijalankan oleh berbagai lembaga.

"UKPPIP tidak mengambil kewenangan lembaga-lembaga yang sudah ada tapi justru bagaimana program Pancasila dan wawasan kebangsaan yang sudah dijalankan itu tidak overlapping, tidak hanya di permukaan tapi lebih sistematis dan terstruktur. Jadi UKPPIP ini semacam kitchennya, dapurnya tapi delivery-nya nanti melalui lembaga-lembaga yang ada," paparnya.



Saat ini, MPR juga sudah berkeliling Indonesia untuk sosialisasi 4 pilar. UKPPIP juga akan bekerjasama dengan MPR.

"Supaya fokus MPR sosialisasi Pancasila di kader-kader partai politik sementara di Kemendagri fokus menyasar birokrasi itu sendiri, jadi kita lebih koordinasikan agar memastikan program-program fokus dan nanti kita bantu bahan-bahan ajarnya kita bantu," ungkap Yudi.

Apa Beda UKP Pancasila Bikinan Jokowi dan BP7 di Era Soeharto?Foto: Ilustrasi: Luthfy Syahban

(jor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed