DetikNews
2017/05/04 17:01:25 WIB

4 Fraksi Plus Fahri Hamzah yang Masih Ngotot Dukung Angket KPK

Indah Mutiara Kami - detikNews
Halaman 1 dari 2
4 Fraksi Plus Fahri Hamzah yang Masih Ngotot Dukung Angket KPK Sidang paripurna DPR pengesahan hak angket (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Sejumlah fraksi di DPR berubah sikap soal hak angket terhadap KPK setelah sidang paripurna pengesahan. Kini masih ada empat fraksi yang ada di kubu pendukung angket terhadap KPK. Apakah akan berubah juga?

Empat fraksi yang masih dalam posisi mendukung hak angket KPK adalah PDIP, Golkar, NasDem, dan Hanura. Keempatnya adalah partai pendukung pemerintahan Jokowi-JK.

PDIP membebaskan pilihan anggotanya soal angket KPK. Dari 26 inisiator yang meneken usulan hak angket, ada dua nama anggota Fraksi PDIP, yaitu Masinton Pasaribu dan Eddy Wijaya Kusuma. Saat sidang paripurna hak angket, Masinton sempat melakukan interupsi untuk menjelaskan alasannya mengusulkan hak angket dan menuding mereka yang balik badan munafik.

"Saya rasakan buktinya yang disajikan politik kemunafikan ya. Politik kemunafikan ini, menurut saya, harus dihentikan semua, meyakini sejak awal ada proses yang salah," ujar Masinton dalam rapat paripurna.


Golkar adalah fraksi dengan penyumbang tanda tangan terbanyak di usulan angket KPK, yaitu 10 orang. Sama dengan PDIP, Fraksi Golkar membebaskan pilihan kepada anggotanya dan tidak akan memberi sanksi kepada anggota yang meneken usulan hak angket.

Anggota Fraksi Partai Golkar yang meneken usulan angket KPK adalah Syaiful Bahri Ruray, Endang Srikarti Kandayani, Agun Gunandjar, Anton Sihombing, Noor Achmad, Ridwan Bae, Muhammad Nur Purnamasidi, Nawafie Saleh, Ahmad Zacky Siradj, dan Adies Kadir.

Ada dua orang anggota Fraksi NasDem yang menjadi inisiator angket KPK, yaitu Taufiqulhadi dan Ahmad Sahroni. Taufiqulhadi adalah perwakilan pengusul yang membacakan sederet alasan hak angket digulirkan.

Fraksi Hanura juga mendukung hak angket terhadap KPK yang mendesak rekaman BAP politikus Hanura, Miryam Haryani, dibuka. Ada tujuh anggota Fraksi Hanura yang menjadi inisiator angket.

Anggota Fraksi Partai Hanura yang meneken usulan angket KPK adalah Dossy Iskandar, Dadang Rusdiana, Djoni Rolindrawan, Samsudin Siregar, M Farid Al Fauzi, Ferry Kurniawan, dan Frans Agung Mula Purba.


Belakangan, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang berencana memanggil kadernya yang meneken hak angket KPK. Meski demikian, Oesman Sapta juga tidak memberi sikap tegas apakah akan menarik dukungan atau tidak.

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed