Draf RUU Pemilu

Pro-Kontra Reaksi 'Artis DPR' Soal Wacana Pengetatan Syarat Caleg Selebriti

Rini Friastuti - detikNews
Rabu, 24 Agu 2016 07:16 WIB
Foto: Ilustrasi pembahasan RUU Pemilu (Mindra Purnomo/detikcom)

2. Eko Patrio

Politisi PAN Eko Hendro Purnomo atau yang dikenal dengan Eko Patrio ikut memberikan reaksi atas RUU tersebut. Walau setuju dengan adanya pembatasan tersebut, dia menggarisbawahi supaya aturan ini jangan sampai terkesan mendeskreditkan pekerja seni saja. Dia meminta agar aturan ini berlaku general.

"Ini kan diskriminatif, kalau mau menyeluruh bahwa siapapun juga yang mau jadi anggota DPR/DPRD, enggak kilat tapi mendapat surat. Itu berlaku semuanya, dilampirkan surat keterangan dari partai tersebut," ujar Eko saat berbincang, Senin (22/8).

Eko mengatakan sebelum duduk di Komisi IV yang membidangi pertanian, pangan, maritim dan kehutanan, Eko terlebih dahulu duduk di Komisi X yang membidangi kebudayaan dan seni. Untuk berada di posisinya saat ini ada banyak tahapan yang harus dia lalui.

"Kader PAN enggak ujug-ujug sebagai artis jadi anggota DPR atau DPRD, tapi kader kayak Primus, saya, Anang Hermansyah itu kader dulu, malah kita jabat jadi bagian departemen doang di DPP kemudian diangkat Pak Hatta (mantan Ketum PAN) jadi salah satu wakil sekretaris di salah satu departemen," kata Eko.

Baca juga: Ketua Umum PAN Tak Setuju Bila Syarat Caleg dari Kalangan Artis Diperketat