Draf RUU Pemilu

Pro-Kontra Reaksi 'Artis DPR' Soal Wacana Pengetatan Syarat Caleg Selebriti

Rini Friastuti - detikNews
Rabu, 24 Agu 2016 07:16 WIB
Foto: Ilustrasi pembahasan RUU Pemilu (Mindra Purnomo/detikcom)

1. Tantowi Yahya

Rencana pemerintah memperberat syarat seorang artis menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan alasan kinerja mendapat kritikan sejumlah politisi di Senayan. Tantowi Yahya, yang lama bergelut di dunia keartisan sebelum menjadi politisi keberatan dengan syarat tersebut.

Apalagi alasan diperberatnya syarat adalah kinerja seorang artis yang menjadi anggot DPR dinilai kurang bagus dibanding politisi lainnya. Menurut Tantowi, dikotomi artis dan non artis sebagai dasar penilaian kinerja anggota DPR bukan pikiran yang bijak.

"Melakukan dikotomi artis atau pesohor dengan non artis alias pesohor sebagai dasar penilaian kinerja anggota dewan jelas bukan merupakan pemikiran bijak dan cerdas," kata Tantowi kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/8).

Tantowi juga keberatan dan memprotes sebuah pernyataan yang mengistilahkan banyaknya artis maju sebagai calon legislatif dengan sebutan 'pasar hewan'.

"Saya keberatan dan protes dengan istilah pasar hewan. Pernyataan itu jelas melecehkan parpol-parpol yang mengajukan caleg-caleg tersebut," kata politisi Partai Golongan Karya itu.

Baca juga: Ketua DPR: Artis Punya Hak yang Sama untuk Jadi Anggota DP