detikNews
2019/09/28 03:30:33 WIB

Laporan dari New York

Tekankan Multilateralisme, Ini 5 Poin Penting Pidato JK di Sidang PBB

Indah Mutiara Kami - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tekankan Multilateralisme, Ini 5 Poin Penting Pidato JK di Sidang PBB Wapres Jusuf Kalla/Foto: Dok. UN Photo
New York - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengatakan tantangan dunia kini makin berat. Hubungan kerja sama banyak pihak atau multilateral bisa menjadikam dunia lebih stabil dan damai.

Hal itu disampaikan JK dalam pidatonya saat General Debate Sidang Majelis Umum ke-74 Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tema tahun ini sendiri adalah 'Galvanizing multilateral efforts for poverty eradication, quality education, climate action and inclusion'.

Hal pertama yang disampaikan JK adalah mengenai multilateralisme. Dia mengingatkan bahwa PBB adalah produk multilateralisme.

"Perserikatan Bangsa-bangsa adalah produk multilaterisme. Kesuksesan misi PBB akan ditentukan bagaimana Badan ini mampu memperkuat multilateralisme untuk perdamaian dan kesejahteraan dunia," ucap JK di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Jumat (27/9/2019).


Indonesia berpendapat semua negara, baik negara besar maupun kecil, tak akan mampu menyelesaikan tantangan global sendiri. Semua harus bekerja sama dan berbagi tanggung jawab.

"Ini adalah inti dari multilateralisme," tegasnya.

Hal kedua yang disampaikan JK adalah pentingnya menjaga perdamaian dunia. Perang dan konflik selalu membawa kesengsaraan serta merusak pembangunan termasuk infrastruktur dan kegiatan ekonomi.

"Kita semua prihatin melihat masih terjadinya perang dan konflik di dunia. Perang dan konflik lama masih belum banyak terselesaikan. Sementara konflik baru bermunculan termasuk di Timur Tengah," ungkap JK.

Dia juga menyinggung masalah Palestina. Selain itu, JK bicara soal kebutuhan penguatan pasukan perdamaian perempuan.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com