Penyebar Hoax yang Catut Media Nasional Fitnah Jokowi hingga Prabowo

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 08 Mar 2018 15:05 WIB
Foto: Yulida/detikcom
Foto: Yulida/detikcom
Jakarta - Polisi menangkap KB (30), penyebar hoax yang kerap mencatut media nasional. Menurut polisi, KB menghina dan memfitnah tokoh nasional, seperti Presiden Jokowi dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Penghinaan atau berita bohong terhadap tokoh nasional dan pejabat negara, antara lain menghina Ma'ruf Amin, Said Aqil Siroj. Menyerang secara pribadi terhadap tokoh lainnya misalnya Prabowo, Jokowi, menghina Megawati," kata Kasubdit I Dirtipid Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar di kantornya, Cideng, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2018).


Selain itu, KB menghina ulama Indonesia. Nama Rizieq Syihab juga pernah diserang oleh KB.

"Selain itu juga menyerang terhadap kepala negara dan ulama. Menghina Ibu Megawati dan menyerang tokoh Rizieq Syihab juga," ungkapnya.

Penyebar Hoax yang Catut Media Nasional Fitnah Jokowi Hingga PrabowoKombes Irwan Anwar. (Yulida/detikcom)

Irwan mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan polisi, KB melakukan aksinya sendiri dan tidak terafiliasi dengan grup penyebar hoax lainnya.

"Penyelidikan kami selain memfokuskan pada perilaku perorangan, maka yang ini yang kami sampaikan beda. Khusus tersangka ini bekerja sendiri," sambung Irwan.




Polisi menyebut KB merupakan lulusan sarjana bidang IT di salah satu kampus di Bekasi. Selain itu, KB adalah mantan wartawan media News Crime Investigation.

KB ditangkap pada Rabu (7/3) di Cakung, Jakarta Timur. Dia menyebarkan hoax dan isu SARA; menghina tokoh nasional, tokoh agama, golongan, dan agama; serta menyebarkan isu kebangkitan PKI dan penganiayaan terhadap ulama. (tor/tor)