Atap Rumah Warga Trenggalek Runtuh Diterjang Angin Kencang

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 20:36 WIB
rumah roboh diterjang angin kencang di trenggalek
Sebuah rumah warga roboh diterjang hujan dan angin kencang (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek - Atap sebuah rumah warga di Kecamatan Panggul, Trenggalek runtuh setelah diguyur hujan deras disertai angin kencang. Kondisi tersebut diperparah dengan konstruksi bangunan yang telah lapuk serta retakan tanah.

Kapolsek Panggul AKP Budi Hartoyo mengatakan bencana tersebut terjadi di rumah milik Saidi di Desa Manggis, Kecamatan Panggul. Runtuhnya atap rumah tersebut terjadi pada Senin tengah malam.

"Peristiwa runtuhnya itu Senin malam, hanya saja baru dilaporkan pada Selasa siang ini tadi," kata Budi kepada detikcom, Selasa (18/1/2022).

Menurut Budi, sebelum kejadian, wilayah Kecamatan Panggul diguyur hujan deras sejak sore hari. Intensitas curah yang tinggi membuat konstruksi bangunan tidak kuat menahan beban, akibatnya sekitar pukul 23.00 WIB atap rumah Saidi runtuh.

"Tadi kami cek di lokasi konstruksinya memang sudah banyak yang lapuk. Di sana juga ada retakan di dinding maupun tanah," ujarnya.

Dijelaskan, kondisi retakan pada dinding rumah korban relatif besar. Namun hal itu tidak langsung terjadi pada Senin kemarin, melainkan berangsur-angsur selama beberapa tahun terakhir.

Budi menambahkan terkait kondisi tersebut BPBD, polisi, TNI, Tagana dan pemerintah desa setempat bergotong royong royong di lokasi kejadian. Petugas melakukan upaya pembersihan untuk meminimalisir risiko yang lebih parah.

"Untuk sementara, penghuni rumah Pak Saidi dan istrinya mengungsi ke rumah keluarga. Rencananya rumah tersebut akan diperbaiki sekalian," imbuhnya. (iwd/iwd)