65 Rumah Warga di Tulungagung Rusak Diterjang Angin Kencang

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 17:42 WIB
angin kencang di tulungagung
Pohon roboh akibat angin kencang timpa tembok warga (Foto: Adhar Muttaqien)
Tulungagung - 65 Rumah warga rusak akibat diterjang angin kencang. Kerusakan paling parah berada di Desa Sukorejo, Kecamatan Karangrejo.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, saat meninjau lokasi bencana di Desa Sukorejo, mengatakan dampak angin kencang pada Senin sore kemarin tersebar di Kecamatan Karangrejo dan Pakel.

"Khusus di Sukorejo saja ada sekitar 40 rumah yang rusak. Kerusakan rata-rata ya atap, karena angin tentu yang kena bagian atas utamanya. Ada juga pohon tumbang kemudian menimpa rumah dan sebagainya," kata Maryoto kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

Menurut Maryoto, selain genting, beberapa rumah warga juga mengalami kerusakan pada bagian rangka atap dan tembok. Namun pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut.

Bupati menambahkan terkait dampak angin kencang itu, masyarakat bersama relawan dan aparat terkait hari ini bergotong royong untuk membersihkan rumah-rumah penduduk yang terdampak. Pihaknya juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada para korban.

"Yang kami bantu ini adalah apa yang diperlukan. Makanya saya cek di lapangan ini, seperti yang kelihatan ini adalah pengerjaan rangka atap, kemudian asbes sama genting," ujarnya.

Lanjut dia, peristiwa angin kencang di Tulungagung telah terjadi beberapa kali. Dampak paling parah terjadi pada Senin sore kemarin. Selain di perkampungan penduduk, angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon yang ada di pinggir jalan utama, sehingga menganggu akses lalu lintas.

"Kami mengimbau masyarakat untuk waspada, karena ancaman angin kencang hingga saat ini masih ada," jelasnya. (iwd/iwd)