Puluhan Warga Probolinggo Lapor ke Polisi Tertipu Investasi Bodong

M Rofiq - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 17:08 WIB
investasi bodong di probolinggo
Korban yang melapor ke Polres Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Puluhan warga Probolinggo mengaku menjadi korban penipuan investasi bodong senilai ratusan juta. Mereka ramai-ramai melaporkannya ke Polres Probolinggo.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Rahmad Ridho Satrio membenarkan laporan tersebut. Saat ini, pihaknya tengah mendalami dan mengumpulkan bukti-bukti.

Menurut Ridho, warga yang melapor ini mengaku tertipu investasi yang ditawarkan seseorang melalui aplikasi investasi. Para pelapor ini kemudian tergiur dengan keuntungan yang didapatkan.

"Benar ada laporan korban penipuan investasi bodong. Masih mendalami bukti dan aplikasi investasi bodong ini, apakah cukup bukti untuk dikenakan ke tindak pidana penipuan," ujar Ridho kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

Salah satu korban, Qomaruddin mengaku dirinya tertipu setelah bertemu langsung dan diajak seorang yang mengaku ustaz bernama Samsudin. Merasa tertarik dengan janji keuntungannya ia kemudian menginvestasikan hingga sebesar Rp 50 juta.

"Saya tertarik ikut investasi ini, karena diajak oleh ustaz Samsudin, dan bertemu langsung di Kecamatan Pakuniran, tertariknya lagi akan diajak tour bulan Ramadhan bukan ke Hongkong melainkan ke Saudi Arabia untuk umroh. Kerugian yang saya alami mencapai Rp 50 juta, dan lainnya Rp 260 juta yang sudah ada bukti transfernya" ujar Qomarudin.

Sedangkan pemilik aplikasi, papar Qomaruddin, diketahui berinisial JIC. Saat itu, ia menjanjikan bunga besar dalam waktu singkat bagi para investor. Tawaran ini, kemudian disarankan oleh Samsudin yang kemudian diikuti para korban.

Namun hingga saat ini, Qomaruddin mengaku sejumlah uang yang diserahkan tidak pernah berbunga apalagi kembali. Untuk itu, ia dan para korban meminta agar segera mengungkap kasus penipuan ini. (iwd/iwd)