Hujan Disertai Angin Kencang hingga Petir Landa Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 14:25 WIB
hujan di surabaya
Hujan deras disertai angin kencang (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Surabaya. Turunnya hujan ini sesuai dengan prakiraan BMKG Klas I Juanda pagi tadi, Selasa (18/1/2022).

Hujan disertai angin di Surabaya diketahui turun mulai pukul 14.00 WIB dan hampir merata di sejumlah wilayah. Antara lain di Tenggilis, Manyar, Bundaran Waru, Nginden, Kedungdoro, Gubeng, Kertajaya, Arjuno, Kembang Jepun, Gubernur Suryo, Wiyung, Gunungsari, Wonokromo, Darmo dan Diponegoro.

"Hujan deres banget ada angin kencang. Mobil saya sampe goyang-goyang saking derasnya," kata Laras (33), seorang warga yang sedang parkir di salah satu minimarket di kawasan Darmo.

Dalam laporannya, BMKG Juanda menyebut hujan tak hanya terjadi di Surabaya tapi juga di Gresik dan Sidoarjo. Tapi juga hampir merata di sebagian wilayah Jatim sejak siang ini.

"Kondisi ini bisa berlangsung hingga pukul 16.00 WIB," demikian keterangan dari BMKG Klas I Juanda seperti dikutip detikcom, Selasa (18/1/2022).

Sebelumnya, BMKG Klas I Juanda mengeluarkan prakiraan cuaca pada Selasa (18/1/2022). Seluruh daerah di Jatim diperkirakan turun hujan pada hari ini.

Di Surabaya Raya, baik Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik diperkirakan akan turun hujan disertai angin kencang dan petir pada siang hingga sore hari. Untuk banjir, masuk kategori waspada.

Di wilayah Pantura, seluruh daerah yakni Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban diperkirakan turun hujan deras disertai angin kencang.

Di daerah wisata, seperti Kota Batu dan Mojokerto diperkirakan akan turun hujan deras pada siang hari. Hujan ringan diperkirakan akan turun di Malang. (fat/fat)