Belasan Desa di Kabupaten Pasuruan Banjir, Tinggi Air Ada yang 1,5 Meter

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 08:37 WIB
Pasuruan - Banjir melanda belasan desa di tiga kecamatan wilayah timur Kabupaten Pasuruan. Banjir ada yang mencapai 1,5 meter dan menggenangi jalan raya.

Banjir akibat luapan Sungai Rejoso dan sungai-sungai kecil terjadi Kecamatan Grati, Winongan dan Rejoso. Sedikitnya ada 13 desa yang banjir setinggi 20 cm sampai 1,5 m. Banjir merendam rumah dan fasilitas umum.

Di Kecamatan Grati, ada tujuh desa yang banjir yakni Kewadung Kulon, Kedawung Wetan, Trewung, Plososari hingga Kalipang. Di Kecamatan Winongan, banjir terjadi di Desa Winongan Lor, Winongan Kidul, Prodo dan Bandaran. Sedangkan di Kecamatan Rejoso, banjir terjadi di Desa Toyaning, Sadengrejo dan Patuguran banjir.

Di Kecamatan Grati, banjir terparah di Desa Kedawung Kulon mencapai 1,5 meter. Jalan umum Kedawung yang merupakan jalur alternatif juga terendam.

Banjir juga menggenangi jalur pantura Jalan Raya Ngopak. Namun lalu-lintas dari Probolinggo-Pasuruan masih mengalir lancar.

Sementara banjir di Kecamatan Winongan rata-rata setinggi 20-50 cm. Terparah di Desa Winongan Lor. Petugas sempat membagikan nasi bungkus di desa terparah ini.

Sedangkan ketinggian banjir di Kecamatan Rejoso rata rata 60 cm-1,5 meter. Di kecamatan ini banjir terparah di Desa Toyaning mencapai 1,5 meter.

"Tadi malam, Toyaning sempat hampir dua meter. Kami mengevakuasi beberapa lansia dan ibu hamil ke tempat aman. Saat ini warga sangat membutuhkan nasi bungkus. Tadi malam banyak yang beli sendiri," kata Dyandra Rachma, relawan SAR Mahameru Jatim I, Selasa (18/1/2022).

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris menyatakan pihaknya bersama Dinsos tengah menyiapkan nasi bungkus untuk didistribusikan ke warga terdampak banjir. "Kita siapkan 2000 bungkus pagi ini," kata Ridwan. (sun/sun)